Jakarta (ANTARA) - PT Waskita Karya (Persero) Tbk atau Waskita bersama Bank Himbara yakni Mandiri, BRI, dan BNI sepakat menandatangani perjanjian kredit sindikasi penjaminan Pemerintah sebesar Rp8.08 triliun.

“Penandatanganan pembiayaan sindikasi ini menjadi titik balik Waskita untuk menggerakkan kembali proyek-proyek yang tertunda, termasuk kebutuhan modal kerja dan pembayaran vendor secara bertahap," ujar Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Waskita, Taufik Hendra Kusuma dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Menurut Taufik, hal ini menjadi bagian dari realisasi program perbaikan keuangan Perseroan secara keseluruhan.

Baca juga: RUPSLB Waskita Karya setujui rencana "right issue"

Waskita bersama Bank Mandiri, BRI, dan BNI sepakat menandatangani perjanjian kredit sindikasi penjaminan Pemerintah sebesar Rp8.08 triliun pada Senin (25/10).

Kesepakatan ini dituangkan dalam Perjanjian Kredit Sindikasi PT Waskita Karya (Persero) Tbk. Penandatanganan ini dilakukan oleh Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Waskita, Taufik Hendra Kusuma. Dalam perjanjian tersebut Perseroan mendapatkan pembiayaan sindikasi berupa revolving facilities yang terdiri dari Bank Mandiri sebesar Rp3,69 triliun (45,71 persen), BNI Rp1,38 triliun (17,14 persen) serta BRI Rp3,00 triliun (37,14 persen).

Penggunaan fasilitas pembiayaan sindikasi tersebut membiayai modal kerja untuk penyelesaian 148 proyek penugasan Pemerintah dalam rangka program Pemulihan Ekonomi Nasional. Perjanjian kredit sindikasi ini dijamin oleh Pemerintah melalui Kementerian Keuangan dan PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PT PII) berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 211/PMK.08/2020.

Baca juga: Waskita Karya dapat dukungan 21 bank untuk restrukturisasi utang

Penandatanganan ini merupakan rangkaian dari seluruh proses negosiasi dengan para kreditur yang juga merupakan tindak lanjut atas Master Restructuring Agreement Perseroan selama setahun terakhir.

Perjanjian kredit sindikasi penjaminan Pemerintah ini merupakan bagian dari 8 streams penyehatan keuangan Waskita yang berfokus pada peningkatan kapasitas modal kerja Perseroan dalam menyelesaikan proyek-proyek yang sedang berjalan.

Dengan dapat meningkatkan kinerja operasional dan kinerja keuangan Perseroan. Dengan adanya kredit sindikasi ini, Perseroan optimis untuk dapat mencapai target kinerja Perseroan di tahun ini.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2021