PDIP resmikan kantor partai di tengah Peringatan Sumpah Pemuda

PDIP resmikan kantor partai di tengah Peringatan Sumpah Pemuda

Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri saat menandatangani prasasti peresmian kantor partai di kediamannya, Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat, Kamis (28/10/2021). ANTARA/HO-PDIP

Jakarta (ANTARA) -
DPP PDI Perjuangan meresmikan kantor partai di seluruh Indonesia dan penandatanganan Prasasti Taman UMKM dan patung Bung Karno yang bertepatan dengan Peringatan Sumpah Pemuda.
 
Acara itu dilaksanakan secara offline dan daring dari berbagai daerah. Megawati menandatangani prasasti dari kediamannya, Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat, Kamis, yang ditemani oleh mantan Sekjen PDIP Pramono Anung.
 
Ketua DPP PDIP Eriko Sotarduga membacakan ikrar Sumpah Pemuda yang diikuti oleh seluruh peserta acara.
 
Selanjutnya, usai pembukaan oleh Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Megawati melakukan penandatanganan prasasti Taman UMKM dengan patung Bung Karno dan kantor partai yang baru.
 
"Dengan mengucapkan alhamdulilah, baru saja saya menandatangani prasasti peresmian kantor partai di Provinsi Aceh dan 14 kantor partai di berbagai kabupaten/kota. Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, dengan ini saya resmikan juga taman dan patung Bung Karno di Kota Bandar Lampung," kata Megawati dalam siaran persnya.
 
Megawati pun menyampaikan terima kasih kepada kader dan petugas partai yang penuh semangat mempunyai rumah partai, rumah rakyat yang harus segera digunakan sebaik-baiknya
 
Dengan kantor baru ini, kata dia, konsolidasi partai akan makin mantap.
 
Oleh karena itu, Megawati mengharapkan kantor partai juga menjadi rumah budaya. Kantor partai harus menjadi arena komunikasi yang aktif dengan warga masyarakat di wilayah masing-masing.
 
"Kantor partai tak boleh diperjualbelikan siapa pun pengurusnya. Kantor partai kalau dijual, harus meminta izin pada kongres partai sehingga akan selalu ada kantor," kata Megawati.
 
Soal taman UMKM dan patung Bung Karno di Lampung, Megawati mengatakan bahwa patung itu menggambarkan sosok seseorang pahlawan seperti halnya bertaburan patung Pangeran Diponegoro sebagai pahlawan nasional.
 
"Kalau bisa seluruh pahlawan bangsa diwujudkan dalam bentuk fisik dan sosok sebab sudah jarang anak muda tahu (soal pahlawan nasional, red.). Saya saja kalau tak diberi tahu ayah saya misalnya sosok Pattimura. Ayah saya menceritakan dan menggambarkan. Nah, itulah maksudnya," kata Megawati.
 
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengikuti acara dari kantor pusat partai di Jalan Diponegoro yang ditemani Wasekjen Sadarestuwati dan Ketua DPP PDIP Eriko Sotarduga dan Wiryanti Sukamdani.
 
"Sekjen Senior" PDIP lainnya, Tjahjo Kumolo memimpin peresmian di Provinsi Aceh yang ditemani Ketua DPD PDIP Nusyirwan Soedjono bersama dua anggota DPR Paryono dan M. Nabil Haroen.
 
Satu kantor partai di Kalimantan Utara (Kaltara) diresmikan peletakan batu pertama oleh Ketua DPP PDIP Tri Rismaharini. Di sana, Risma ditemani oleh Deddy Yevri Sitorus.
 
Di Tangerang, Ketua DPP PDIP Ribka Tjiptaning memimpin peresmian, sementara Elva Hartati memimpin peresmian taman dan patung Bung Karno di Lampung.
 
Seluruh ketua DPP PDIP lainnya, seperti Prananda Prabowo, Puan Maharani, Bambang Wuryanto, Ahmad Basarah, dan Sukur Nababan hadir bersama ratusan pengurus partai daerah dan kepala/wakil kepala daerah dari seluruh Indonesia.

Mereka mengikutinya secara virtual melalui aplikasi Zoom. Acara ditayangkan di akun resmi PDIP di YouTube dan Facebook agar seluruh kader serta masyarakat umum bisa mengikutinya.
 
Kantor-kantor partai yang diresmikan, antara lain Kantor DPD PDI Perjuangan Provinsi Aceh, Kantor DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bireuen, Kantor DPC PDI Perjuangan Kabupaten Aceh Jaya, Kantor DPC PDI Perjuangan Kabupaten Tebo (Jambi), Kantor DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bangka Selatan (Kepulauan Babel), Kantor DPC PDI Perjuangan Kabupaten/Kota Tangerang (Banten), serta Kantor DPC PDI Perjuangan Kabupaten Banjarnegara dan Kantor DPC PDI Perjuangan Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.
 
Selain itu, Kantor DPC PDI Perjuangan Kabupaten Jombang (Jawa Timur), Kantor DPC PDI Perjuangan Kabupaten Lombok Tengah (NTB), Kantor DPC PDI Perjuangan Kota Singkawang (Kalimantan Barat), Kantor DPC PDI Perjuangan Kota Pontianak (Kalimantan Barat), Kantor DPC PDI Perjuangan Kabupaten Lamandau (Kalimantan Tengah), Kantor DPC PDI Perjuangan Kabupaten Barito Timur (Kalimantan Tengah).

Baca juga: Megawati ingatkan kepala daerah cegah bencana alam
 

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Jokowi melayat ke rumah duka Sabam Sirait

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar