Jakarta, 6 Maret 2011 (ANTARA) - Upaya untuk meningkatkan konsumsi ikan nasional terus digalakkan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui beragam inovasi sosialisasi. Setelah sebelumnya dengan PT Pos melalui Perangko Gerakan Makan Ikan, kali ini KKP menggandeng Carrefour untuk mendukung promosi dan pemasaran produk kelautan dan perikanan.  Menteri Kelautan dan Perikanan, Fadel Muhammad dalam sambutan saat membuka secara resmi Farmer and Fishermen Week di Carrefour Lebak Bulus Jakarta hari ini (6/3) menyebut bahwa upaya ini menunjukkan bentuk keberpihakan peritel modern terhadap pentingnya masyarakat untuk memperoleh produk perikanan yang segar dengan harga terjangkau masyarakat.

     Lanjut Fadel, Carrefour dengan sistem jaringan logistik dan distribusi kuat diyakini dapat menjadi mitra strategis UKM sektor kelautan dan perikanan dalam mendukung distribusi produk-produk perikanan ke seluruh wilayah nusantara. Kegiatan farmer and fishermen week merupakan salah satu bentuk konkret KKP dalam mengatasi permasalahan distribusi produk perikanan. Kerja sama ini menjadi sarana UKM perikanan untuk meningkatkan produksi karena adanya dukungan pasar industri retail modern, baik hypermarket, supermarket maupun mini market.

     Kerjasama dengan industri retail modern menjadi "jembatan" masyarakat dalam mendapatkan produk perikanan yang berkualitas secara mudah dengan harga terjangkau, tegas Fadel. Gerakan Makan Ikan (Gemarikan) yang telah dicanangkan KKP merupakan upaya untuk mewujudkan ketahanan pangan dan meningkatkan kesehatan serta kecerdasan masyarakat melalui kegiatan peningkatan konsumsi ikan masyarakat. Konsumsi ikan nasional pada tahun 2010 telah mencapai 30,47 kg/kapita/tahun, meningkat sebesar 4,78 persen dibandingkan tahun 2009. Untuk meningkatkan gizi dan protein hewani masyarakat, disamping meningkatkan penyerapan produk perikanan di pasar domestik, KKP menargetkan konsumsi ikan nasional sebesar 38,67 kg/kapita/tahun pada tahun 2014.

     Pangan menjadi isu penting sekarang ini, di samping ekonomi dan energi. Ikan sebagai salah satu protein hewani memiliki kandungan gizi tinggi karena mengandung Omega-3. Ikan juga memiliki beragam jenis dengan variasi harga sehingga masyarakat memiliki banyak pihak. Ikan pun dewasa ini telah dapat diolah menjadi beragam masakan.

     Sementara itu Direktur Utama PT. Carrefour, Shafie Shamsuddin menjelaskan bahwa Farmer and Fishermen Week memiliki tujuan untuk mempromosikan produk-produk lokal yang segar dan berkualitas, seperti ikan, sayur dan daging. Carrefour juga berkomitmen untuk mendukung pengembangan para UKN untuk dapat menembus industri retail modern. Kegiatan Farmer and Fishermen Week secara serentak dilakukan di 81 gerai Carrefour di seluruh wilayah Indonesia dan akan berlangsung selama 2 minggu, 2-15 Maret 2011 diikuti oleh 37 pemasok dan asosiasi pembudidaya ikan serta petani.

     Untuk keterangan lebih lanjut, silakan menghubungi Dr. Yulistyo Mudho, Kepala Pusat Data Statistik dan Informasi Kementerian Kelautan dan Perikanan, HP. 0811836967

Pewarta: Adityawarman
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2011