Kadin Gresik bidik kerja sama KEK hingga Smelter Freeport Indonesia

Kadin Gresik bidik kerja sama KEK hingga Smelter Freeport Indonesia

Ketua Kadin jatim, Adik Dwi Putranto saat melantik kepengurusan Kadin Gresik di Hotel Santika, Gresik, Kamis (28/10/2021). ANTARA/Abdul Malik Ibrahim.

Kadin Gresik akan menggencarkan pendidikan vokasi, dengan bekerja sama perusahaan dan sekolah untuk menciptakan tenaga kerja unggul.
Gresik, Jatim (ANTARA) - Kamar dagang dan industri (Kadin) Kabupaten Gresik, Jatim akan membidik kerja sama dengan perusahaan di kawasan ekonomi khusus (KEK) hingga Smelter Freeport Indonesia yang dibangun di wilayah itu, untuk mendorong penyerapan tenaga kerja lokal.

Ketua Kadin Kabupaten Gresik, M. Choirul Rizal saat pelantikan kepengurusan masa bakti 2021-2026 di Gresik, Kamis mengatakan Kabupaten Gresik yang dikenal sebagai Kota Pudak memiliki potensi besar yang harus digarap bersama, di antaranya kehadiran Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) hingga Smelter PT Freeport Indonesia.

"Harapan kami sebagai Kadin, juga mendorong pemerintah daerah mempunyai komitmen sama, yakni memprioritaskan pekerja lokal, agar masyarakat tidak hanya menjadi penonton," kata Rizal.
Baca juga: Presiden berharap kehadiran Freeport dongkrak daya tarik KEK Gresik

Rizal menjelaskan, untuk mendorong penyerapan tenaga kerja lokal di KEK dan Smelter Freeport Indonesia, Kadin Gresik akan menggencarkan pendidikan vokasi, dengan bekerja sama perusahaan dan sekolah untuk menciptakan tenaga kerja unggul.

"Sehingga nantinya ketika para pelajar lulus bisa langsung diterima kerja di perusahaan yang ada di Gresik," kata Rizal.

Sementara itu, Ketua Kadin Jawa Timur, Adik Dwi Putranto saat melantik kepengurusan Kadin Gresik mengapresiasi langkah awal yang dilakukan pengurus baru.
Baca juga: Smelter Freeport, Presiden: Jangan sampai hilirisasinya di negara lain

"Tugas besar menanti anda, sebab saya lihat sebelum dilantik sudah cepat, maka setelah dilantik harus lebih cepat," katanya.

Adik juga meminta kepengurusan Kadin Gresik yang baru untuk terus melakukan pendampingan UMKM, mendorong pemulihan ekonomi, peningkatan kompetensi sumber daya manusia (SDM) hingga mendukung vokasi untuk menyiapkan tenaga kerja unggulan.

Sementara itu, pelantikan kepengurusan Kadin Gresik masa bakti 2021 - 2026 dilakukan Ketua Kadin Jawa Timur Adik Dwi Putranto di Hotel Santika, Gresik. Sebelum dilantik, Kadin Gresik juga sudah aktif menggelar berbagai kegiatan, mulai dari penanganan pandemi COVID-19, dan mendorong vaksinasi.

Baca juga: Sandiaga Uno siap bantu kembangkan wisata Gresik

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: M Razi Rahman
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Gandeng KPK, Kadin perkuat pencegahan pungli kepada pengusaha

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar