Piala Asia U-23

Shin indikasikan timnas U-23 tampil menekan leg kedua versus Australia

Shin indikasikan timnas U-23 tampil menekan leg kedua versus Australia

Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong (kedua dari kanan) memberikan instruksi dalam latihan tim nasional Indonesia di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (7/5/2021). ANTARA/HO-PSSI

"Pemain mesti bisa memprediksi pergerakan lawan bahkan sebelum bola datang. Setelah itu, baru melakukan serangan balik
Jakarta (ANTARA) - Pelatih tim nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong mengindikasikan skuadnya akan tampil menekan saat bersua Australia pada laga leg kedua Grup G Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 di Tajikistan, Jumat (29/10).

Dikutip dari keterangan PSSI di Jakarta, Kamis, Shin meminta para pemainnya untuk lebih cepat merebut bola dari penguasaan lawan dan segera melancarkan serangan balik.

"Pemain mesti bisa memprediksi pergerakan lawan bahkan sebelum bola datang. Setelah itu, baru melakukan serangan balik," ujar juru taktik asal Korea Selatan itu.

Baca juga: Subhan: Shin minta timnas U-23 mainkan umpan pendek kontra Australia

Shin Tae-yong juga menginstruksikan skuadnya agar tak gentar dengan keunggulan fisik Australia.

Indonesia sejatinya tidak kalah kualitas lantaran memiliki kecepatan serta kemampuan untuk melakukan umpan-umpan pendek.

"Australia memang mempunyai kelebihan dari segi fisik. Namun, kalau pemain bekerja keras sampai akhir dan menunjukkan performa terbaik, hasil pertandingan pasti lebih baik daripada leg pertama," tutur Shin.

Pada laga leg perdana di Stadion Republican Central, Tajikistan, Selasa (26/10), timnas U-23 Indonesia takluk 2-3 kepada Australia.

Demi menunaikan target lolos ke Piala Asia U-23 2022, Shin sudah menuntaskan serangkaian persiapan usai laga leg pertama termasuk dengan menganalisis video lawan.

Baca juga: Pratama Arhan: timnas U-23 tak biarkan Australia dapat "bola mati"

Shin pun menegaskan bahwa semua pemain dalam kondisi siap bertanding. Hanya saja, pelatih timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu menilai Witan Sulaeman dan kawan-kawan belum terlalu fasih bertanding di lapangan berumput sintetis.

"Namun saya berharap mereka terus beradaptasi dengan situasi karena itu penting untuk leg kedua," kata Shin.

Meski kalah pada pertemuan awal, skuad "Garuda Muda" masih berpeluang lolos ke Piala Asia U-23 2022. Syaratnya, skuad Garuda Muda mesti menang minimal dengan keunggulan dua gol.

Andai Indonesia menang dengan jarak satu gol, pertandingan akan langsung berlanjut ke babak adu penalti tanpa perpanjangan waktu.

Baca juga: Shin minta timnas U-23 percaya diri pada leg kedua kontra Australia
Baca juga: Indonesia kalah 2-3 dari Australia

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Tekuk Timor Leste, Fakhri Husaini puji penampilan Salman

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar