Bupati Sleman : Koperasi dan UMKM Expo bantu bangkitkan ekonomi

Bupati Sleman : Koperasi dan UMKM Expo bantu bangkitkan ekonomi

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo secara resmi membuka kegiatan Koperasi dan UMKM Expo 2021 yang diselenggarakan Dinas Koperasi dan UKM Sleman. ANTARA/HO-Pemkab Sleman.

Sleman (ANTARA) - Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta Kustini Sri Purnomo menilai kegiatan Koperasi dan UMKM Expo yang diselenggarakan Dinas Koperasi dan UKM Sleman sangat membantu pelaku ekonomi mikro, kecil dan menengah dalam mempromosikan produk serta membangkitkan perekonomian masyarakat di masa pandemi COVID-19.

"Saya mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan ini. Penyelenggaraan kegiatan ini merupakan upaya yang sangat membantu UMKM yang ada di wilayah Kabupaten Sleman dalam mempromosikan produk-produk yang dihasilkan dan membangkitkan ekonomi di masa pandemi," kata Kustini saat membuka Koperasi dan UMKM Expo 2021, Kamis.

Menurut dia, kegiatan Koperasi dan UMKM Expo yang diselenggarakan di di Atrium Hartono Mall Yogyakarta ini merupakan salah satu bentuk kegotongroyongan, sinergi dari semua pihak untuk membangkitkan kembali dinamika usaha UMKM.

"Penyelenggaraan kegiatan ini (Koperasi dan UMKM Expo 2021) ini menunjukkan kepada khalayak luas bahwa di Kabupaten Sleman masih ada UMKM yang mampu menjaga keberlangsungan usahanya, terlebih di kondisi pandemi COVID-19 saat ini, " katanya.

Ia mengatakan, Koperasi dan UMKM Expo seperti ini juga sekaligus merupakan sarana untuk mengedukasi para pengelola UMKM untuk lebih peduli dalam mengelola dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangkan usahanya, terutama dalam memasarkan produknya.

Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sleman Endah Sri Widiastuti mengatakan bahwa dalam pelaksanaanya, kegiatan tersebut mengusung tema "Mewirausahakan Koperasi dan Mengkoperasikan Wirausaha".

Menurut dia, tema tersebut selaras dengan upaya pemerintah dalam penguatan pemberdayaan Koperasi dan UMKM. "Mengingat pada beberapa waktu lalu Kabupaten Sleman masih dalam status PPKM level 3, maka baru bisa diselenggarakan saat ini," katanya.

Endah mengatakan kegiatan penyelenggaraan Koperasi dan UMKM Expo 2021 ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam memperingati Hari Koperasi Indonesia ke 74 yang jatuh pada tanggal 12 Juli 2021.

Adapun tujuan penyelenggaraannya yaitu untuk memberikan wadah promosi potensi koperasi dan UMKM serta sosialisasi penguatan kelembagaan usaha. "Kegiatan ini dilakukan secara offline maupun online dan akan berlangsung sampai 31 Oktober untuk offline, yang online sampai akhir Desember 2021," katanya.

Dalam pembukaan Koperasi dan UMKM Expo ini Bupati Sleman juga menyerahkan Anugerah Insan Koperasi Sleman Tahun 2021.

Tidak hanya pameran saja, dalam acara ini Bank Sleman juga menyerahkan fasilitasi Kredit Tanpa Bunga bagi UMKM sebesar Rp600 juta serta penyerahan penerima QRIS dari Bank BPD DIY.
 

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Adi Lazuardi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar