Menparekraf tantang anak muda di Maluku Tenggara buka lapangan kerja

Menparekraf tantang anak muda di Maluku Tenggara buka lapangan kerja

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam acara "Dialog Wirausahawan Kei Dalam Rangka Memperingati Hari Sumpah Pemuda" di Maluku Tenggara, Kamis (28/10/2021). ANTARA/HO-Kemenparekraf

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menantang anak-anak muda di Maluku Tenggara untuk mengatasi pandemi COVID-19 dengan membuka lapangan kerja melalui kewirausahaan serta kegiatan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

“Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, saya ingin mengajak para pelaku ekonomi dan pariwisata untuk semangat bersama-sama merespons keadaan ini dengan mulai menciptakan inovasi dan terobosan untuk kembali membangkitkan pariwisata,” ujar dia di Maluku Tenggara dalam keterangannya diterima di Jakarta, Kamis.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mendukung generasi muda menggali potensi untuk tetap berkreasi dengan memanfaatkan strategi inovasi, adaptasi, dan kolaborasi.

Baca juga: Menparekraf: Hindari Raja Ampat jadi wisata massal

Berbagai program dukungan untuk menumbuhkan calon wirausaha muda dan ekosistem digital disebut telah dilakukan, seperti Widuri (Wirausaha Digital Mandiri Ekraf), Bekup (Baparekraf for StartUp), BDT (Baparekraf Digital Talent), dan Go StartUp Indonesia.

“Indonesia pasti bisa melewati masa-masa sulit ini. Kita harus bisa gerak cepat (gercep), gerak bersama (geber), dan garap semua potensi lapangan kerja (gaspol),” kata Sandiaga.

Ia juga mengajak para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif untuk memanfaatkan digitalisasi dalam mengembangkan usahanya sehingga memudahkan produk UMKM memasuki rantai pasok global.

Pihaknya akan mendorong pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif untuk memperoleh dukungan, baik berupa akses pembiayaan, Hak Kekayaan Intelektual (HAKI), pengelolaan keuangan, hingga pemanfaatan teknologi dan informasi.

“Banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan, antara lain banyak yang bercerita bahwa kalau di tempat lain orang datang untuk memancing ikan, kalau di pulau ini ikan yang justru memancing manusia. Potensi-potensi peluang ke depan yang bisa dikembangkan,” katanya.

Baca juga: Menparekraf: Esports berdampak positif terhadap ekonomi
Baca juga: Sandiaga ajak UMKM terus berkolaborasi percepat pemulihan ekonomi
Baca juga: Kebangkitan pariwisata Tanah Rencong di tengah pandemi


Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Sandiaga sebut santri berpotensi terhadap pertumbuhan ekonomi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar