Empat Pilar MPR merupakan nilai-nilai luhur bangsa yang harus menyatu kuat dalam diri setiap rakyat Indonesia.
Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad mengatakan Empat Pilar MPR merupakan nilai-nilai luhur bangsa yang harus menyatu kuat dalam diri setiap rakyat Indonesia dan menjadi karakter dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.

"Ini sangat penting saya tekankan, sebab Indonesia adalah negara yang sangat besar, yang dihuni bermacam suku bangsa," kata Fadel dikutip dari siaran pers di Jakarta, Jumat.

Fadel mengatakan keberagaman di Indonesia yang sangat besar ini perlu diikat kuat oleh nilai-nilai yang ada dalam Empat Pilar, yakni Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Berbicara dalam acara Sosialisasi Empat Pilar MPR kerja sama MPR dengan Yayasan Cahaya Madani (YCM) di ruang serba guna Kantor Desa Tabongo Barat, Gorontalo, Kamis (28/10), Fadel menekankan pentingnya mensosialisasikan pemahaman Empat Pilar kepada berbagai kalangan.

Karena itu, MPR gencar melakukan sosialisasi pemahaman Empat Pilar kepada seluruh elemen bangsa di seluruh wilayah Indonesia, seperti akademisi perguruan tinggi, kalangan birokrat, partai politik, ormas, organisasi agama, dan masyarakat umum.

Dari pengalamannya pribadi saat melakukan sosialisasi, masyarakat terlihat sangat antusias mengikuti sosialisasi Empat Pilar tersebut.

"Intinya, rakyat menginginkan negara ini utuh, rakyatnya selalu bersama dalam wadah NKRI," kata Fadel dalam acara yang dihadiri anggota MPR dari Kelompok DPD dari Gorontalo Abdurrahman Abubakar Bahmid, Ketua YCM Supardi Liu, Kepala Desa Tabongo Barat Hairudin Umar, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan masyarakat sekitar.

Menurut Fadel, pemerintah saat ini juga sangat mendukung Empat Pilar dengan berbagai kebijakan dan kegiatan yang mengarah kepada upaya menjaga persatuan kesatuan bangsa, salah satu bentuk nyatanya adalah penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua.

Tujuan besar PON Papua adalah mempersatukan masyarakat Indonesia dalam satu kegiatan besar bersama sekaligus menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia masih utuh, tidak tergoyahkan dan kuat persatuannya.

"Upaya pemerintah ini sangat luar biasa dan saya apresiasi," katanya.

Dengan memegang teguh nilai luhur bangsa, kata Fadel, sinergi pemerintah dan rakyat telah berhasil berjuang keras menghadapi pandemi COVID-19, serta berhasil melandaikan kasus terinfeksi virus dan terus turun, sehingga masyarakat bisa kembali menjalankan kegiatannya untuk mengembalikan perekonomian.

"Tapi, perjuangan belum usai, pandemi masih ada," kata mantan Gubernur Gorontalo Dua periode itu pula.

Untuk itu, Fadel mengajak seluruh elemen bangsa untuk tetap bersama dengan berpegang teguh kepada Empat Pilar menghadapi semua masalah bangsa saat ini dan tantangan masa depan untuk meraih cita-cita meraih kesejahteraan bersama.
Baca juga: Lestari Moerdijat dukung IAIN Palopo menjadi UIN
Baca juga: Wakil Ketua MPR harapkan parpol kenal dan pahami Empat Pilar MPR

Pewarta: Sigit Pinardi
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021