Solo (ANTARA News) - Sebanyak 37 robot karya mahasiswa 18 perguruan tinggi Indonesia akan meramaikan kontes robot dalam rangka Dies Natalis Universitas Sebelas Maret Surakarta ke 35 di Kampus UNS Kentingan Solo.

Sebanyak 37 robot itu akan berjalan dalam lintasan sejauh 1.103 meter, dari halaman student center menuju auditorium UNS dan kegiatan ini juga akan dicatat dalam Museum Rekor Indonesia (Muri), yang digelar Jumat (11/3), kata Ketua penyelenggara kegiatan tersebut Prof Kuncoro di Solo, Senin.

"Kami akan membuat lintasan khusus, sehingga robot-robot yang tampil dalam kejuaraan itu dapat berjalan tanpa hambatan," katanya.

Selain kontes robot, juga diadakan lomba desain jembatan berbahan sedotan atau stik es krim. Lomba rancang bangun yang ditujukan bagi siswa SLTA ini akan menilai desain kuat tekanan, segi estetis dan kesesuaian dengan spesifikasi yang ditentukan panitia. Selain itu, peserta juga harus mempresentasikan karyanya.

Dalam acara ini panitia juga menggelar lomba desain kompor berbahan bakar alternatif dengan sudut peniliain orisinalitas bahan bakar alternatif yang digunakan, efisiensi bahan bakar, kreatifitas desainer dan tingkat kegunaannya.(*)

J005/R010

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011