Wapres buka Silaknas Masyarakat Ekonomi Syariah 2021

Wapres buka Silaknas Masyarakat Ekonomi Syariah 2021

Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyampaikan pidato kunci pada pembukaan Silaturahim Kerja Nasional Masyarakat Ekonomi Syariah Tahun 2021 secara virtual melalui konferensi video dari kediaman resmi wapres di Jakarta, Jumat (29/10/2021). ANTARA/HO-Setwapres/aa.

MES harus dapat mengawal implementasi empat fokus tersebut dalam bentuk program konkret.
Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin membuka Silaturahim Kerja Nasional (Silaknas) Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Tahun 2021 secara virtual melalui konferensi video dari Jakarta, Jumat.

Dalam sambutannya, Wapres mendorong Silaknas MES, yang mengusung tema Mendorong Kebangkitan Ekonomi Umat Melalui Penguatan Sinergi dan Optimalisasi Potensi Organisasi, dapat menjadi penggerak dalam pengembangan usaha masyarakat.

"Kehadiran MES harus dapat dirasakan oleh masyarakat, menghadirkan solusi bagi kemaslahatan masyarakat dan menjadi motor penggerak dalam pengembangan usaha masyarakat, termasuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM)," kata Ma’ruf Amin dari kediaman resmi wapres di Jakarta, Jumat.

Wapres juga berharap para pengurus MES, yang baru dilantik pada Maret lalu, dapat bersinergi dalam menjalankan rencana strategis untuk mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia.

"Tanpa terasa sudah setahun kepengurusan baru MES ini berjalan. Silaknas ini untuk saling berdiskusi, bersinergi, berkolaborasi, dan mengevaluasi semua program dan kegiatan yang telah dilakukan," katanya.

Ma’ruf Amin menegaskan bahwa pengembangan ekonomi dan keuangan syariah nasional telah menjadi fokus Pemerintah yang mengutamakan empat hal.

Keempat hal tersebut ialah pengembangan dan perluasan industri produk halal, pengembangan dan perluasan industri keuangan syariah, pengembangan dan perluasan dana sosial syariah, serta pengembangan dan perluasan kegiatan usaha syariah.

"MES harus dapat mengawal implementasi empat fokus tersebut dalam bentuk program konkret, yang nantinya setiap program bisa diukur kemajuannya dari waktu ke waktu," katanya.

Wapres menegaskan bahwa kunci utama keberhasilan dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Tanah Air terletak pada sinergi dan kolaborasi terpadu antarlembaga.

Ia mengapresiasi berbagai kolaborasi dan kerja sama oleh MES, antara lain dengan Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS), Ikatan Ahli Ekonomi Indonesia (IAEI) dan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin).

Oleh karena itu, selaku Ketua Harian KNEKS, Wapres berharap MES dapat bersinergi dengan makin banyak lembaga terkait sehingga program Pemerintah melalui KNEKS dapat berhasil.

"Saya berharap agar MES dapat bersinergi untuk menyukseskan program-program KNEKS," ujar Wapres.

Baca juga: Wapres sebut KNEKS kembangkan riset selaras industri ekonomi syariah

Baca juga: Wapres apresiasi kerja keras para dokter kendalikan COVID-19

Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Kunjungi korban gempa Pandeglang, Wapres beri opsi relokasi 

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar