Banjarmasin (ANTARA) - Sebanyak 135 atlet dari 10 cabang olahraga asal Provinsi Kalimantan Selatan siap berangkat ke ajang Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI 2021 di Provinsi Papua.

"Tanggal 2 November 2021 kontingen kita mulai berangkat ke Papua," ujar Ketua National Paralympic Committee (NPC) Kalimantan Selatan Ahmad Firdaus di Banjarmasin, Jumat.

Menurut dia, saat ini para atlet sedang bersiap untuk keberangkatan termasuk pengecekan kesehatan dan pemberian vitamin.

"Semoga para atlet kita selalu sehat hingga pertandingan di Papua, kita sudah sangat siap bertanding," ujarnya.

Pada Peparnas yang akan resmi dibuka Presiden RI Joko Widodo pada 2 November hingga 15 November 2021 ini, kontingen Kalsel menargetkan meraih 35 medali emas.

"Pada Peparnas di Jawa Barat lalu kita berada diperingkat 6 nasional dengan 32 medali emas, pada PON Papua ini target kita naik peringkat dengan 35 medali emas," ujar Ahmad Firdaus.

Adapun sepuluh cabang olahraga yang diikuti kontingen Kalsel pada Peparnas 2021 ini adalah atletik, bulu tangkis, tenis meja, judo, menembak, catur, renang, angkat berat, panahan dan sepak bola cp.

"Harapan besar kita mendulang medali emas pada cabang olahraga renang dan atletik," ujarnya.

Ahmad Firdaus meyakini para atlet Kalsel akan berjuang habis-habisan pada perhelatan akbar olahraga nasional ini demi mengharumkan nama daerah.

"Kami minta restu dan doa bagi masyarakat Kalsel, semoga berhasil dan bisa mengharumkan nama daerah," ujarnya.

Baca juga: Pembukaan Peparnas Papua dilakukan di Stadion Mandala pada 5 November
Baca juga: Jadwal dan lokasi pertandingan Peparnas Papua
Baca juga: 12 atlet difabel akan ikut kirab obor api Peparnas XVI Papua

Pewarta: Sukarli
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021