Ini untuk rujukan pengobatan
Banda Aceh (ANTARA) - Pemerintah Aceh Besar memberikan ambulan laut untuk kebutuhan transportasi kesehatan masyarakat di kepulauan Aceh Besar yakni di Kecamatan Pulo Aceh kabupaten setempat.

"Ambulan laut ini adalah harapan dari masyarakat Pulo Aceh yang sudah lama dinanti-nanti," kata Bupati Aceh Besar Mawardi Ali, di Banda Aceh, Jumat.

Ambulan laut tersebut sebagai transportasi khusus untuk kebutuhan pelayanan kesehatan masyarakat Kecamatan Pulo Aceh yang terdiri dari dua pulau yakni pulau Breuh dan pulau Nasi.

Ambulan ini beroperasi untuk membawa pasien rujukan yang memerlukan perawatan insentif di rumah sakit di ibu kota Provinsi Aceh yakni Kota Banda Aceh.

Bupati Mawardi Ali mengatakan, selama ini masyarakat Pulo Aceh hanya menggunakan boat nelayan saat membawa pasien rujukan ke ibu kota, dan dengan kondisi yang sangat memprihatinkan.

Baca juga: Kapal ambulans UI juara lomba desain inovasi kapal kesehatan

Baca juga: Gugus Tugas Tabalong-Barito Selatan miliki ambulans standar COVID-19

"Semoga ambulan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat Pulo Aceh, ini harus dijaga dan digunakan dengan baik," ujarnya.

Mawardi menyampaikan, ambulan laut tersebut baru dapat dibeli satu unit, namun itu dinilai sudah memadai untuk beroperasi ke dua pulau, hal itu karena penggunaan alat transportasi ini untuk pasien tertentu.

"Sejauh ini baru dibeli satu, dan cukup lah satu, ini untuk rujukan pengobatan, karena yang sifatnya pertolongan pertama itu sudah bisa di puskesmas," katanya.

Mawardi menyebutkan, ambulan laut ini dibeli menggunakan anggaran yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) tahun 2021, dengan harta mencapai Rp1,080 miliar lebih.

Dirinya menambahkan, dalam peningkatan pelayanan kesehatan untuk masyarakat di Pulo Aceh, Pemerintah Aceh Besar juga sedang merencanakan penambahan Puskesmas di pulau tersebut.

"Puskesmas juga sudah melayani dengan baik, dan ini kita segera menyelesaikan pembangunan satu puskesmas lagi, itu di pulau Nasi," demikian Mawardi Ali.

Baca juga: Aceh Besar siapkan Rp1 miliar untuk beli ambulans laut ke Pulau Aceh

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2021