Cibinong, Bogor (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, Jawa Barat meminta bantuan kepada Karang Taruna di wilayah itu untuk membantu percepatan vaksinasi COVID-19 agar mencapai target 70 persen pada Desember mendatang.

"Karang Taruna juga bisa berpartisipasi mengajak masyarakat yang belum divaksin, dengan menyampaikan sosialisasi agar masyarakat paham dan mau divaksin. Kita perlu Karang Taruna membantu untuk mengedukasi masyarakat," ungkap Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan di sela peringatan Sumpah Pemuda di Cibinong, Bogor, Jumat.

Baca juga: Pemkab Bogor targetkan 2.000 sasaran setiap vaksinasi

Baca juga: Pemkab Bogor tutup sejumlah layanan imbas 91 ASN positif COVID-19


Sebab, hingga kini capaian vaksinasi di Kabupaten Bogor masih di bawah 50 persen dari target 4,2 juta sasaran.

Menurut Iwan, ke depan kegiatan Karang Taruna jangan melulu acara Agustusan dan kerja bakti, tapi juga harus ada kegiatan bertema keagamaan, olahraga, dan sosial.

Selain itu, Karang Taruna juga bisa berkolaborasi di bidang perekonomian dengan tim ekonomi kreatif yang baru saja dibentuk oleh Pemkab Bogor, yakni Komite Kabupaten Bogor Ekonomi Kreatif (Kabekraf).

“Karang Taruna adalah pemuda generasi masa depan yang disiapkan dari sekarang. Saya yakin proses tidak akan mengkhianati hasil, jika prosesnya bagus, nggak mungkin hasilnya jelek," kata Iwan.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Kabupaten Bogor Irfan Darajat optimistis bisa terus berkolaborasi dengan Pemkab Bogor. Ia meyakini Karang Taruna akan melahirkan pemimpin masyarakat yang baik.

“Karang Taruna harus andil dalam pembangunan, membantu Bupati Ade Yasin dan Wakil Bupati Iwan Setiawan menjalankan program percepatan vaksinasi, mewujudkan Pancakarsa, menyukseskan Samisade, dan program-program lainnya,” ujar Irfan.

Baca juga: Pemkab Bogor tambah 600 vaksinator untuk capai target dari Luhut

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2021