Kemendag berkomitmen mendorong sektor ini agar dapat lebih berkembang
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional berupaya mengembangkan akses pasar produk dekorasi rumah ke Kanada melalui bisnis forum yang digelar dengan tema “Potensi Dan Peluang Ekspor Sektor Home Decoration ke Pasar Kanada” secara virtual.

“Diharapkan, forum bisnis dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh para peserta, khususnya pelaku usaha di sektor dekorasi rumah untuk menggali informasi sebanyak mungkin tentang kiat- kiat menembus pasar Kanada,” ujar Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Didi Sumedi lewat keterangannya yang diterima di Jakarta, Jumat.

Forum tersebut bertujuan untuk meningkatkan akses pasar produk dekorasi rumah Indonesia di pasar Kanada.

Kegiatan ini merupakan rangkaian Trade Expo Indonesia Digital Edition (TEI-DE) ke-36 yang dijadwalkan berlangsung pada 21 Oktober-4 November 2021 (interaktif daring) dan hingga 20 Desember 2021 (showcase).


Baca juga: Kemendag akselerasi ekspor untuk produk dekorasi rumah

Forum bisnis dibuka Direktur Kerja Sama Pengembangan Ekspor Direktorat Jenderal Pengebangan Ekspor Nasional Kemendag Marolop Nainggolan. Hadir sebagai pembicara Kepala Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Vancouver Kanada Robby Handoko dan diaspora sekaligus praktisi dekorasi rumah di Kanada Utomo Kuntjoro.

Dalam sambutannya, Marolop menyampaikan, produk dekorasi rumah merupakan salah satu sektor penyumbang peningkatan ekonomi di Indonesia. Oleh sebab itu, daya saing produk sektor ini perlu ditingkatkan.

“Kemendag berkomitmen mendorong sektor ini agar dapat lebih berkembang. Hal ini tercermin dari beberapa kegiatan yang sedang berlangsung saat ini seperti program Local Business Export Coaching ataupun program Akselerasi UKM/IKM Siap Ekspor (Aku Siap Ekspor),” katanya.

Marolop melanjutkan, program Aku Siap Ekspor ditargetkan dapat mencetak semakin banyak eksportir. Kegiatan usaha ekspor akan memberikan manfaat kepada perekonomian Indonesia menjadi lebik baik.

Baca juga: Kemendag dorong pelaku usaha dekorasi rumah tembus pasar ekspor

"Semakin banyak UKM yang berhasil melakukan ekspor, akan semakin memberi dampak pada perekonomian Indonesia,” katanya.

Sementara itu Robby menyampaikan gambaran mengenai pasar Kanada serta layanan yang diberikan kantor ITPC Vancouver yang dapat dimanfaatkan pelaku usaha sektor dekorasi rumah. Pada 2020, Kanada memiliki jumlah penduduk sebanyak 37,8 juta jiwa dan menempati peringkat ke-10 sebagai ekonomi terbesar di dunia.

Kanada, lanjutnya, menempati urutan ke-11 sebagai negara pembeli terbesar di dunia. Di sisi lain, Kanada, menempati peringkat ke-13 sebagai negara pengekspor dunia.

“Hal ini harus dimanfaatkan pelaku Indonesia untuk memasuki pasar Kanada. Sebagai negara penyuplai, Kanada juga membutuhkan bahan mentah sebagai bahan baku dari produk yang dihasilkan,” katanya.


Baca juga: Kemendag dukung peningkatan ekspor sektor dekorasi rumah ke Eropa

Baca juga: Kemendag dorong peningkatan ekspor dekorasi rumah ke Belanda


Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2021