Jakarta (ANTARA) - Thomas Tuchel menegaskan bahwa Chelsea saat ini teramat membutuhkan kontribusi gol dari semua lini di tengah absennya para penyerang, Romelu Lukaku dan Timo Werner, yang masih dibekap cedera.

Kontribusi gol Chelsea sebetulnya cukup beragam karena sejauh Liga Inggris 2021/22 berjalan, sudah ada 17 nama berbeda yang mencatatkan namanya di papan skor, menyusul Callum Hudson-Odoi dan Mason Mount sebagai yang terbaru kala melumat Norwich City 7-0 pekan lalu.

Namun, Chelsea masih dihadapkan pada badai cedera di lini depan karena Lukaku dan Werner belum pulih, sementara Christian Pulisic yang sudah kembali berlatih dinilai belum cukup bugar untuk merumput saat The Blues bertandang ke kandang Newcastle United untuk laga pekan kesepuluh Liga Inggris, Sabtu (30/10) besok.

"Kami harus mengkompensasi absennya Romelu dan Timo," kata Tuchel dikutip dari laman resmi Chelsea, Jumat.

Baca juga: Lukaku dan Werner jadi tumbal kemenangan Chelsea atas Malmo

"Tentu saja sebelumnya kami bisa mencetak gol dari nama-nama yang berbeda, tetapi sekarang jadi lebih penting kami bisa menciptakan situasi berbahaya dan tiba di kotak penalti lawan dengan lebih banyak pemain," ujarnya menambahkan.

Menurut Tuchel, dengan lebih banyak pemain di kotak penalti lawan, itu akan meningkatkan peluang Chelsea mencetak gol.

Kendati demikian, juru taktik asal Jerman itu mengaku berharap para penyerang tetap akan menjadi lumbung gol utama Chelsea di akhir musim nanti, setelah musim lalu Jorginho yang jadi top skor klub.

"Semoga saja akhir musim nanti bukan Jorgi yang jadi top skor kami lagi. Jangan lagi," katanya.

Baca juga: Pulisic kembali berlatih jelang hadapi Newcastle

"Kami menyukainya dan ini bukan serangan personal kepadanya, tetapi kami berharap para pemain lini depan dan penyerang yang bisa mencetak gol lebih rutin," tutup Tuchel.

Saat ini di Liga Inggris Lukaku, Ben Chilwell dan Mount menjadi pemain tersubur Chelsea, masing-masing dengan torehan tiga gol.

Menghadapi Newcastle, yang kini berstatus sebagai tim terkaya di Liga Inggris menyusul kedatangan pemilik baru, Chelsea jelas memburu kemenangan demi bisa menjaga kedudukan mereka di puncak klasemen.

Chelsea duduk di puncak dengan 22 poin dan hanya unggul tipis satu poin atas Liverpool serta dua poin dari Manchester City.

Baca juga: Newcastle United resmi putuskan kontrak Steve Bruce
Baca juga: Nuno Santo puji adaptasi Romero dan Emerson di Liga Inggris
Baca juga: Wayne Rooney minta pemain-pemain Man United introspeksi diri

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021