Jakarta (ANTARA) - Indonesia akan memeperkenalkan keberagaman budaya dan potensi bangsa melalui acara National Day yang akan di gelar di Expo 2020 Dubai, Uni Emirat Arab pada 4 November mendatang.

"Melalui perayaan National Day di Expo 2020, Indonesia akan menunjukkan kekayaan dan keragaman sumber daya dan budaya hingga potensi besar sebagai negara yang memiliki peran penting di kancah internasional melalui parade termegah yang pernah dihelat Indonesia di Timur Tengah," kata Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi, dalam keterangan pers, dikutip Sabtu.

Baca juga: Indonesia siapkan parade seni yang memikat di National Day Expo 2020

Pada perhelatan Expo 2020, setiap negara yang berpartisipasi diberikan kesempatan untuk memamerkan potensi negaranya melalui pertunjukan seni dan budaya melalui National Day. Penyelenggara mendedikasikan satu hari khusus untuk National Day setiap negara yang ikut pameran dunia tersebut.

National Day Indonesia akan digelar di Al Wasl Plaza, pusat area Expo 2020. Indonesia mengangkat tema "Land of Diversity", tanah keberagaman, untuk menggambarkan kemegahan dan keragaman budaya.

Indonesia akan menampilkan puluhan penari pada National Day nanti. Acara tersebut juga akan dimeriahkan oleh penyanyi Lyodra Ginting.

Menurut Lutfi, Indonesia juga ingin menunjukkan talenta terbaik mereka melalui National Day ini.

"Melalui kesempatan National Day di Expo 2020, Indonesia ingin memperlihatkan talenta-talenta terbaik yang merepresentasikan keunggulan sumber daya bangsa dan kesiapan kita menuju masa depan yang penuh peluang," kata Lutfi.

Indonesia akan mengalami bonus demografi pada 2045 nanti, yaitu pada tahun tersebut, mayoritas penduduk berada pada usia produktif.

Oleh karena itu, Indonesia mempersiapkan Generasi Emas 2045 untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu bersaing di tingkat internasional.

National Day juga menjadi kesempatan untuk memikat pengunjung Expo 2020 Dubai datang ke Paviliun Indonesia. Pengunjung dapat mempelajari lebih dalam mengenai pesona dan keunggulan Tanah Air di sektor perdagangan, investasi dan pariwisata yang diharapkan akan meluaskan peluang Indonesia menjalin kerja sama dengan calon mitra strategis dari berbagai negara.

Pemerintah menargetkan acara National Day Indonesia ditonton hingga 2.000 orang.

Partisipasi Indonesia di Expo 2020 merupakan salah satu komitmen Indonesia sebagai bagian dari komunitas global dan perekonomian dunia. Melalui perhelatan yang menyatukan 192 negara tersebut, Indonesia mendapat kesempatan memperkuat perannya di hadapan negara-negara di dunia.


Baca juga: Di Expo Dubai, Kemenperin promosi RI jendela industri 4.0 dunia

Baca juga: Kemenperin ungkap potensi industri otomotif di Expo 2020 Dubai

Baca juga: RI jaring kolaborasi industri dengan dunia di Expo 2020 Dubai

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021