Melbourne (ANTARA News) - Jaringan cepat saji  roti isi "Subway" telah mengambil alih  mahkota fastfood  dari  McDonald`s, karena  jumlah restorannya  menjadi yang terbanyak.

Pada 1 Januari, "Subway" memiliki 33.749 toko di seluruh dunia, kata jurubicara Les Winograd, sedangkan  gerai McDonald`s sebanyak 32.737.

"Kami mengalahkan mereka pada satu tahap selama 2010. Satu tahun lalu, kami sedikit di belakang mereka," kata Winograd.

Perusahaan tersebut menyatakan sebagian keberhasilannya disebabkan oleh kepemilikan swasta. "Subway" didirikan 1965 dan tak terdaftar di pasar bursa.

"Itu adalah pilihan kami. Kami memusatkan perhatian pada produk, kualitas, restoran dan bukan pada hal lain yang berkaitan dengan perusahaan umum, seperti pernyataan keuangan," kata Winograd.

McDonald`s, yang lahir pada 1955 di pinggiran kota Chicago, telah mendominasi pasar makanan cepat saji selama hampir sepanjang kehadirannya, dan menjadi lambang kapitalisme serta andalan pasar bursa di AS.

Saat ini , gerai makanan cepat saji tersebut tampaknya ada di mana-mana di pinggir jalan mulai dari Madrid sampai Los Angeles dan perusahaan itu memiliki aset 80 miliar dolar AS.

Jurubicara McDonald`s Heidi Baker meremehkan berita tersebut.

"Kami tetap memusatkan perhatian untuk mendengarkan dan melayani pelanggan kami, serta terikat komitmen untuk jadi lebih baik, bukan cuma jadi lebih besar," katanya.
(A050/A011)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011