Jakarta (ANTARA) - PSV Eindhoven kembali ke jalur kemenangan saat menghantam Twente dengan skor 5-2 dalam laga pekan ke-11 Liga Belanda di Stadion Philips, Sabtu.

Yorbe Vertessen dan Carlos Vinicius sama-sama membukukan dua gol untuk kemenangan PSV yang juga diwarnai satu gol dari Eran Zahavi. Sementara Twente hanya bisa mencetak dua gol melalui Michel Vlap dan Ramiz Zerrouki.

PSV yang duduk di posisi kedua kini mengoleksi 24 poin dan terus membayangi Ajax (25) yang baru main dalam laga lebih larut, sedangkan Twente (15) sementara tak beranjak dari urutan ketujuh, demikian catatan laman resmi Liga Belanda.

Baca juga: Feyenoord dan Utrecht kompak kemas lima gol lanjutkan tren positif

Bayang-bayang kekalahan telak 0-5 melawan Ajax dalam De Topper pekan lalu, kembali menyeruak di antara pemain PSV saat mereka tertinggal lebih dulu akibat gol Vlap menyelesaikan umpan Gijs Smal yang membawa Twente memimpin pada menit ke-13.

Namun, PSV segera bangkit dan memberi jawaban instan melalui sepakan kaki kanan Vertessen memanfaatkan operan Marco van Ginkel untuk membuat kedudukan imbang lagi semenit berselang.

PSV lantas berbalik memimpin atas Twente pada menit ke-27 saat Zahavi menaklukkan kiper Jeffrey de Lange dengan tembakannya yang bersarang ke pojok kanan atas gawang.

Baca juga: Ajax mantapkan posisi puncak selepas gilas Groningen

Tuan rumah berusaha menambah keunggulan mereka tapi sundulan Van Ginkel bisa diamankan De Lange, sementara sepakan jarak jauh Jordan Teze masih terlalu tinggi di atas sasaran.

Twente malahan membuat kedudukan kembali imbang pada menit ke-44 melalui gol tendangan jarak jauh Zerouki, yang membuat babak pertama ditutup dengan skor 2-2.

Sembilan menit memasuki babak kedua, PSV sukses merestorasi keunggulan mereka saat Vinicius memilih menyodorkan bola untuk diselesaikan Vertessen setelah percobaan pertamanya dimentahkan oleh De Lange.

Aksi Vinicius itu berbuah manis sebab pada menit ke-58 ia mencetak golnya sendiri, memanfaatkan bola muntah hasil tembakan Zahavi yang gagal dihentikan sempurna De Lange.

Baca juga: PSV tersungkur di markas Willem

Lantas pada menit ke-63, Vinicius mencetak gol keduanya mengakhiri sebuah situasi serangan balik cepat demi memperlebar marjin keunggulan PSV jadi 5-2 atas Twente.

Marjin tiga gol membuat PSV lebih tenang menjalani pertandingan dan nyaris menambahnya lagi semenit jelang bubaran jika saja sepakan kaki kiri Maximiliano Romero tak ditolak oleh tiang gawang.

Tiga peluang lainnya diciptakan PSV di sisa waktu yang ada gagal membuahkan hasil, tetapi tim besutan Roger Schmidt itu tetap mengantungi tiga poin penuh dari laga kontra Twente.

Di pertandingan selanjutnya, Twente akan menjamu Heracles di De Grolsch Veste pada Jumat (5/11) pekan depan, sedangkan PSV dua hari kemudian menyambangi markas Fortuna Sittard.

Namun, sebelumnya pada Kamis (4/11), PSV terlebih dulu bertandang ke markas AS Monaco untuk lanjutan penyisihan grup Liga Europa.

Baca juga: PSV harus relakan posisi puncak selepas dipecundangi Feyenoord

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021