Jakarta (ANTARA News) - Tidak ada layanan baru yang "dilempar" KASKUS pada 2011, selain mengoptimalkan empat yang sudah ada, Forum Komunikasi, Forum Jual Beli, KasPay, dan KasAds.

"Tidak ada yang baru hanya mengoptimalkan keempat layanan yang sudah ada," kata Kean Dean Lawadinata, CEO KASKUS Networks, menegaskan dalam jumpa pers di Grand Indonesia Jakarta, Rabu (9/3).

Tidak ada layanan baru bukan berarti tidak ada perubahan, karena menurut Lawadinata, akan ada penambahan hal baru dalam Forum Komunikasi yaitu kanal Wanita dan Kontributor Ahli.

Pada kanal Wanita akan disajikan informasi mengenai gaya hidup, keuangan, remaja, karir dan lain-lain, sementara pada kanal Kontributor Ahli akan dilibatkan para pakar yang ahli di bidangnya.

Sebelumnya KASKUS sudah memiliki kanal anak yang bekerjasama dengan UNICEF dan Ade Rai, atlet binaraga Indonesia yang telah menjadi kontributor ahli forum kesehatan.

Mengoptimalkan Forum Jual Beli (FJB), KASKUS akan mengintegrasikan komunitas dan trading network yang sudah ada, dimana para pembeli bisa melihat banyak kesuksesan penjual berikut latar belakangnya.

Menurut Ken, latar belakang si penjual seperti siapa dia dan siapa teman-temannyanya dan berapa banyak temannya, sangat membantu untuk meningkatkan kepercayaan pembeli.

"Intinya kami ingin memberikan kenyamanan dan kepercayaan kepada pelanggan," kata Ken.

Pada layanan KasPay, sistem pembayaran online, KASKUS akan menjalin hubungan dengan lebih banyak bank lokal untuk memudahkan transaksi. Fungsi KasPay juga akan diperluas tidak hanya untuk FJB KASKUS tetapi juga situs jual-beli lain.

"Ya akun BCA bisa digunakan langsung untuk KasPay," kata Ken.

Layanan pemasangan iklan di KASKUS, KasAds, kata Ken tetap akan jauh lebih murah dan bagus untuk laman-laman kecil di Indonesia.

Tak hanya itu, KASKUS juga melakukan ekspansi baik dari segi infrastruktur, sumber daya manusia, dan jaringan bisnis.

"Saat ini kami sudah menambahkan server sebesar dua kali lipat hingga 250 server dan menambahkan tenaga kerja sebanyak 80 orang untuk programmer, sales, marketing, customer relations, dan tim kreatif," kata Ken.

KASKUS juga menggandeng partner baru, Global Digital Prima (GDP), untuk mewujudkan program kerjanya itu.

"Tujuannya kerjasama kami yaitu memperbesar jaringan KASKUS untuk bergerak lebih agresif dari tahun ke tahun," tamah Ken.

Saat ini KASKUS memiliki anggota resmi 2,6 juta dengan jumlah pengakses 53 juta dan jumlah halaman yang diakses kurang dari 900 juta per bulan.

(Adm/S026)

Pewarta: Adam Rizallulhaq
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011