Jakarta (ANTARA) - Setelah Facebook Inc berganti nama menjadi Meta Platforms, singkatan FAANG untuk raksasa teknologi juga akan ikut berubah.

FAANG merupakan singkatan yang diambil dari huruf depan raksasa teknologi, yaitu Facebook, Apple, Amazon.com, Netflix dan Alphabet (Google), dikutip dari Reuters, Minggu.

Saham FAANG jika digabung berjumlah sekitar 7,416 triliun dolar Amerika Serikat, naik dari 5,8 triliun tahun lalu.

Baca juga: Facebook dan Instagram akan rayakan "Hari Kreator"

Warganet di Twitter menyarankan julukan untuk raksasa teknologi itu diganti menjadi MAANG, "M" untuk Meta. Lainnya berpendapat urutan huruf diubah sehingga menjadi MANGA, yang juga berarti komik Jepang.

Beberapa pengguna meminta merombak ulang kelompok raksasa teknologi itu yaitu dengan memasukkan Microsoft Group dan Tesla Inc.

Jika kedua perusahaan itu ikut serta, akronim akan menjadi MAMATA. Kelompok ini tidak memasukkan netflix karena memiliki kapitalisasi pasar paling rendah dibandingkan yang lainnya dan mengganti mengganti Google dengan Alphabet.

MAMATA alias Microsoft, Apple, Meta, Amazon, Tesla dan Alphabet jika digabung memiliki kapitalisasi pasar senilai 10 triliun dolar AS.

Facebook pada Kamis (29/10) lalu mengumumkan nama perusahaan menjadi Meta Platforms, mereka berubah haluan ingin membangun lingkungan virtual bernama metaverse.

Baca juga: Facebook ganti nama, Meta Materials melambung

Baca juga: Facebook ganti nama jadi "Meta", ingin fokus ke realitas virtual

Baca juga: Facebook laporkan kenaikan laba di tengah kontroversi

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021