Jakarta (ANTARA) - Profil menjadi salah satu penentu dari kesuksesan pengguna dating apps untuk kemudian membangun jaringan dan koneksi entah sebagai teman biasa hingga teman kencan.

Namun rupanya masih banyak yang melakukan oversharing atau membagikan informasi berlebihan di profilnya sehingga tak kunjung juga menemukan koneksi yang tepat.

Baca juga: Tinder Asia Tenggara hadirkan layanan kesehatan mental

Mengutip siaran pers Tinder, Minggu, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan saat menyusun profil di dating apps sehingga bisa tepat sasaran.

Pakai foto profil individu

Foto profil menjadi salah satu kunci dari profil dating apps yang sangat ampuh.

Anda harus percaya diri dan cobalah menggunakan foto dan video diri sendiri saat melakukan aktivitas yang berbeda-beda daripada dengan keluarga ataupun teman-teman terdekat.

Jangan lupa verifikasi foto dan video di profil anda agar calon koneksi anda lebih merasa nyaman dan yakin untuk memilih anda.

Baca juga: Aplikasi kencan Bumble tambahkan "tanda vaksin COVID-19" di profil

Cantumkan usia dan tinggi badan

Mungkin anda merasa lebih mudah untuk dijangkau saat menambahkan nomor ponsel pribadi di profil dating apps anda, karena merasa lelah dengan proses "swiping" yang terasa panjang.

Rupanya cara tersebut sangat berbahaya dan masuk dalam kategori oversharing. Dibanding menaruh nomor ponsel, ada baiknya anda menyematkan usia atau tinggi badan sehingga bisa meningkatkan preferensi cocok di aplikasi dating.

Dibanding menyematkan angka lainnya, seperti nomor telepon, nomor rekening, nomor rumah, dan sebagainya, tentu bisa disalahgunakan oleh oknum-oknum yang kurang bertanggung jawab.

Tetap simpel

Tahukah anda di era teknologi, waktu kita untuk tertarik pada sesuatu ternyata memakan waktu singkat yaitu 8 detik?

Ini menjadi pertanda juga untuk anda ketika membuat profil di aplikasi kencan daring, sebisa mungkin buatlah profil yang singkat, padat, dan jelas.

Mainkan sisi kreativitas anda ketika menulis profil dating apps sehingga bisa menarik teman- teman potensial untuk kemudian membangun jaringan.

Anda juga bisa memanfaatkan fitur hal- hal yang anda minati sehingga anda bisa mencari orang- orang yang satu frekuensi denganmu.

Kamu > Aku

Buat nyaman satu sama lain dengan lebih banyak bertanya tentang teman yang sudah cocok dengan anda, dibanding terlalu banyak bercerita tentang diri sendiri.

Anda bisa melempar pertanyaan seputar bio tentang teman kencanmu mulai dari pekerjaan, minat, hal-hal yang sedang viral ataupun beri dia pujian.


Baca juga: White House gandeng "dating apps" dorong program vaksinasi COVID-19

Baca juga: Mau cari jodoh online? Perhatikan empat hal ini

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021