Liverpool ke Portugal Dengan Percaya Diri Tinggi

Liverpool ke Portugal Dengan Percaya Diri Tinggi

Pelatih Liverpool Kenny Dalglish. (FOTO ANTARA/REUTERS / Nigel Roddis)

Paris (ANTARA News) - Kenny Dalglish mengharapkan kebangkitan Liverpool di Liga Inggris belakangan ini dapat menjadi pemacu semangat ketika harus melakukan pertandingan tandang Liga Europa ke Portugal untuk menghadapi Sporting Braga pada Kamis (Jumat dinihari).

Memasuki pertandingan babak 16 besar Liga Europa nanti juara tiga kali Piala UEFA itu memiliki bekal percaya diri yang tinggi setelah pada Minggu lalu mereka secara meyakinkan berhasil menaklukkan musuh bebuyutan mereka Manchester United 3-1, demikian AFP melaporkan.

Keberhasilan itu yang diharapkan oleh Dalglish menjadi awal rententan keberhasilan Liverpool sampai berakhirnya kompetisi Liga Europa musim ini, meskipun untuk itu mereka pertama-tama harus menghadapi lawan berat dan lihai di Portugal.

Sundulan Dirk Kuyt pada menit ke-86 berhasil membuat Liverpool melaju ke babak 16 besar setelah sebelumnya menang tipis 1-0 atas Sparta Prague dua minggu sebelumnya, dan pemain sayap dari Belanda itu sekali lagi menjadi bintang ketika dia menciptakan hatrik ke gawang United dalam kemenangan meyakinkan tim itu di Anfield.

Kuyt mengungkapkan harapannya agar keberhasilan itu dapat terus berlanjut sehingga Liverpool bisa mencatatkan kemenangan berturut-turutnya musim ini.

"Kami ingin memenangi setiap pertandingan, dan kami ingin melanjutkan hasil positif ini," katanya.

"Kami sudah perlihatkan bahwa kami mampu bersaing dengan tim terbaik, namun bekal hasil bertanding melawan yang terbaik belum cukup untuk dapat menang nanti, butuh semangat tinggi dan optimisme," kata Kuyt menambahkan.

Sementara Sporting Braga yang berhasil bangkit mengalahkan tim Lech Poznan dari Polandia juga sedang memiliki optimisme yang tinggi setelah pada akhir minggu lalu berhasil membalikkan keadaan untuk kemudian mengalahkan Benfica 2-1.

Braga juga telah mencatatkan lima kemenangan dalam enam pertandingan kandang mereka dalam Liga Europa musim ini yang merupakan debut mereka di kancah Eropa.

Rangers, finalis Piala Europa 2008, akan bertandang ke PSV Eindhoven, sementara Manchester City akan berkunjung ke Ukraina untuk melawan Dynamo Kiev yang pada putaran sebelumnya berhasil menyarangkan delapan gol ke gawang Besiktas.

"Mereka adalah tim yang tanggung yang akan sulit untuk dikalahkan, khususnya jika bermain di kandang sendiri," kata pemain depan City David Silva.

Sementara itu, kapten tim Rangers David Weir mengatakan bahwa dia sangat ingin memenangi pertandingan melawan Eindhoven nanti dalam upaya melupakan "pertandingan gila" mereka melawan Glasgow dalam Piala Skotlandia yang berakhir rusuh.

PSV Eindhoven telah kalah tiga kali dalam empat pertemuan melawan Rangers, namun dalam Liga Europa kali ini mereka tak terkalahkan dalam sembilan kali pertandingan secara berturut-turut.

Dua tim Belanda lain yang berhasil lolos ke babak 16 besar akan menjamu dua tim Rusia, dimana Ajax akan melayani Spartak Moscow dan FC Twente akan menghadapi juara Piala UEFA 2008 Zenit St Petersburg`s.

Klub Rusia ketiga CSKA Moscow akan menjamu pemimpin klasemen sementara Liga Portugis FC Porto dalam sebuah pertandingan yang disebut sebagai pertarungan antara dua mantan juara Piala UEFA dimana CSKA merupakan juara pada 2005 dan Porto pada 2003.

Paris Saint Germain akan menghadapi pertandingan berat melawan juara dua kali liga Eurapa Benfica, sementara satu-satunya tim Spanyol yang mampu bertahan dalam liga ini, Villarreal, akan bertandang ke Jerman untuk menghadapi Bayer Leverkusen. (OKS/I015/K004)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2011

Komentar