Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno meresmikan The Hub Equestrian, Archery and Coffee yang diharapkan menjadi salah satu alternatif destinasi wisata halal di DKI Jakarta dan sekitarnya.

Peresmian ini yang dilakukan di Cibubur, Jawa Barat, disebut menjadi salah satu ikhtiar agar mampu membuka lapangan kerja seluas-luasnya di masa pandemi COVID-19.

"Kami sangat mengapresiasi dibukanya The Hub: Equstrian, Archery and Coffee. Harapannya ini mampu menjadi salah satu alternatif destinasi wisata halal di Jakarta dan sekitarnya serta mampu membuka lapangan pekerjaan yang seluas-luasnya," ujar dia sebagaimana tertera dalam keterangan pers, Jakarta, Minggu (31/10).

Dengan mengusung destinasi wisata halal, The Hub dinilai telah memenuhi tiga jenis seperangkat layanan tambahan (extended services) sesuai kebutuhan wisatawan muslim.

Pertama, membutuhkan restoran halal dan fasilitas untuk mendirikan solat. Kedua ialah memiliki toilet yang ramah bagi muslim dan muslimah, dan terakhir mempunyai fasilitas rekreasi segmen keluarga atau muslim friendly (konsep pemenuhan kebutuhan dasar minimal terhadap wisatawan muslim.

"Beberapa waktu lalu kita mendapat hadiah karena ada kasus fenomenal di Aceh terkait wisata halal yang dilihat hingga jutaan viewer (penonton). Ini menjadi kesempatan kita untuk menjelaskan konsep wisata halal sebenarnya, dan ini menjadi PR (pekerjaan rumah) bagi kita semua memaparkan what is the true wisata halal (wisata halal yang sebenarnya),” tutur Sandiaga.

Dalam kunjungannya, dia juga menjajal beberapa atraksi yang ditawarkan seperti berkuda hingga memanah. Atraksi ini disebut menjadi andalan bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat tersebut.

"Bukan hanya sekadar atraksi wisata tetapi juga kedua aktivitas tersebut merupakan dua jenis aktivitas yang banyak dilakukan wisatawan dari segmen wisata halal," ungkapnya.

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2021