Pasar terangkat oleh kejutan positif dari kemenangan mayoritas tunggal LDP dalam pemilihan umum. Investor sekarang lebih percaya dalam pemerintahan partai jangka panjang yang stabil
Tokyo (ANTARA) - Saham-saham Jepang melonjak pada awal perdagangan Senin pagi, dengan Nikkei mencapai level tertinggi satu bulan, sehari setelah partai berkuasa Perdana Menteri Fumio Kishida mempertahankan mayoritas dalam pemilihan parlemen dan meningkatkan harapan akan pemerintahan yang stabil.

Indeks acuan Nikkei 225 di Bursa Efek Tokyo (TSE) naik tajam 2,4 persen menjadi diperdagangkan di 29.570,56 poin, mencapai level tertinggi sejak akhir September, sedangkan indeks Topix yang lebih luas terangkat 1,70 persen menjadi diperdagangkan di 2.035,14 poin. Partai Demokrat Liberal (LDP), partainya Kishida yang konservatif, mempertahankan mayoritas di majelis rendah yang kuat dalam pemilihan parlemen pada Minggu (31/10) dan diperkirakan akan mengumpulkan stimulus untuk mendukung perusahaan-perusahaan yang dihantam pandemi.

“Pasar terangkat oleh kejutan positif dari kemenangan mayoritas tunggal LDP dalam pemilihan umum. Investor sekarang lebih percaya dalam pemerintahan partai jangka panjang yang stabil,” kata Kentaro Hayashi, ahli strategi senior di Daiwa Securities.

Pertunjukan yang lebih buruk oleh LDP akan meningkatkan ekspektasi bahwa Kishida dapat mengikuti pendahulunya Yoshihide Suga menjadi perdana menteri yang berlangsung singkat.
 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2021