Waspada terhadap hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat di beberapa wilayah di Jawa Timur.
Sidoarjo (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda mengeluarkan peringatan dini terkait dengan sejumlah wilayah di Jawa Timur yang berpotensi dilanda angin kencang sehingga masyarakat diharapkan lebih waspada.

Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Juanda Teguh Tri Susanto, Senin, mengatakan, dari pantauan citra satelit yang dilakukan pada hari ini tercatat beberapa daerah di Jawa Timur berpotensi  dilanda angin kencang.

"Waspada terhadap hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat di beberapa wilayah di Jawa Timur," katanya.

Baca juga: BMKG keluarkan peringatan hujan lebat di beberapa wilayah Indonesia

Ia mengatakan, beberapa wilayah yang berpotensi terjadi angin kencang pada pagi bari adalah Kabupaten Malang,  Probolinggo, dan Bondowoso.

"Kemudian pada siang dan sore hari di wilayah Kabupaten Mojokerto, Ngawi, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Kota Blitar, Kabupaten Kediri, Kabupaten Malang, Batu, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Jember, Bondowoso dan Situbondo," ujarnya.

Ia mengatakan, secara umum suhu udara di Jawa Timur berkisar antara 14 - 36 derajat celsius, kelembapan udara berkisar antara 45 - 100 persen dengan kecepatan angin dominan dari tenggara ke timur dengan kecepatan 05 - 30 kilometer per jam.

"Waspadai potensi bencana hidrometeorologi seperti angin kencang, tanah longsor dan juga banjir terutama saat peralihan dari musim kemarau ke musim hujan seperti sekarang ini," katanya.

Baca juga: BMKG ingatkan potensi cuaca ekstrem sepekan ke depan

Ia menambahkan, pihaknya juga terus melakukan koordinasi dengan pemangku kepentingan  di setiap kabupaten/kota untuk menyampaikan informasi terbaru kondisi cuaca.

"Masyarakat bisa mengakses informasi terkait BMKG melalui berbagai kanal yang sudah disediakan," katanya.

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021