Jakarta (ANTARA) - Sebagian wanita mengalami kembung menjelang siklus menstruasi mereka yang biasanya dimulai seminggu sebelum menstruasi benar-benar dimulai. Gara-gara hal ini, wanita merasa tidak nyaman dan bahkan kesakitan dalam beberapa kasus.

Kabar baiknya, Anda dapat mengelola pola makan demi mengurangi kembung, menurut ahli gizi dari India, Simrun Chopra. Dia seperti dikutip dari Indian Express, Senin membagikan tips sehatnya.

Penelitian menunjukkan retensi air biasanya paling tinggi pada hari pertama siklus. Oleh karena itu yang terbaik mengurangi sejumlah makanan dan minuman yang rasanya asin seperti makanan olahan karena mengandung tinggi sodium.

Hindari juga karbohidrat olahan dan gula olahan karena menyebabkan lonjakan kadar gula darah, meningkatkan kadar insulin dalam darah yang menyebabkan ginjal menahan lebih banyak natrium. Jauhi juga minuman beralkohol dan kafein.

Chopra menyarankan Anda menambahkan makanan mengandung kalium, sayuran berdaun gelap seperti bayam, ubi jalar, pisang, alpukat, dan tomat ke dalam menu diet Anda.

Selain itu, pastikan Anda minum cukup air sampai urin Anda jernih dan melakukan latihan fisik untuk membantu mengurangi retensi air dan kembung secara umum.

Baca juga: Pembalut herbal dengan deodoran tidak disarankan

Baca juga: Serba-serbi menstruasi, higienitas hingga pilih pembalut

Baca juga: Lima kudapan untuk kurangi nyeri saat haid

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021