Ma'ruf Amin minta masyarakat waspada liburan Natal dan Tahun Baru

Ma'ruf Amin minta masyarakat waspada liburan Natal dan Tahun Baru

Wakil Presiden, KH Ma'ruf Amin, memimpin rapat terbatas melalui konferensi video dari rumah dinasnya, di Jakarta, Senin (1/11/2021). ANTARA/HO-Sekretariat Wakil Presiden/aa.

... memastikan implementasi protokol kesehatan bisa kita lakukan sebaik-baiknya, agar tidak terjadi lonjakan lagi...
Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden, KH Ma’ruf Amin, meminta masyarakat waspada terhadap potensi lonjakan kasus penularan Covid-19 pada masa liburan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

"Kita juga harus tetap mewaspadai perlunya antisipasi masa liburan yang cukup panjang, sehubungan dengan Natal dan Tahun Baru," kata dia, saat memimpin Rapat Terbatas tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) melalui konferensi video di Jakarta, Senin.

Baca juga: Anggota DPR: Jangan merasa kebal COVID-19 karena sudah divaksin

Dengan sikap antisipatif dan waspada menjelang libur Natal dan Tahun Baru itu, dia berharap tidak terjadi lonjakan pergerakan masyarakat di berbagai daerah.
"Ini sebentar lagi kita akan memasuki adanya peningkatan mobilitas yang cukup tinggi, bahkan sebelum libur Natal dan Tahun Baru. Jadi perlu meningkatkan kewaspadaan kita," katanya.

Baca juga: Antisipasi gelombang ketiga COVID-19 vs pembukaan perbatasan

Sementara itu, Menteri Kesehatan, Budi Sadikin, mengatakan, penerapan protokol kesehatan akan semakin ketat diterapkan menjelang libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. Hal itu bertujuan menjaga kondisi penurunan kasus penularan Covid-19 saat ini di berbagai daerah, serta mengantisipasi potensi lonjakan gelombang ketiga.

Baca juga: Epidemiolog: Gelombang lanjutan bisa dicegah bila konsisten bermasker

"Protokol kesehatan ini menjadi penting karena selagi Indonesia sedang turun (kasus Covid-19) sekarang, kami ingin memastikan implementasi protokol kesehatan bisa kita lakukan sebaik-baiknya, agar tidak terjadi lonjakan lagi, terutama nanti menghadapi Natal dan Tahun Baru," kata dia. 

Baca juga: Pakar: Natal dan Tahun Baru beri tantangan besar kepada pemerintah

Ia mengatakan Presiden Joko Widodo juga telah menginstruksikan dengan keras kepada jajaran menteri, melalui Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, untuk memastikan tidak ada lonjakan kasus Covid-19 selama libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Baca juga: Panglima TNI ingatkan waspada gelombang ketiga COVID-19

Gunadi juga akan dengan keras mendukung instruksi presiden itu dan Effendy terkait penerapan berbagai kebijakan di masa libur akhir tahun itu. "Kami juga mati-matian akan mempertahankan ini, karena akan banyak gelaran internasional besar tahun depan," ujar dia.

#ingatpesanibu
#sudahdivaksintetap3m
#vaksinmelindungikitasemua

Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Kunjungi korban gempa Pandeglang, Wapres beri opsi relokasi 

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar