Jakarta (ANTARA) - Petenis Italia Jannik Sinner menembus peringkat 10 besar putra dengan mencapai peringkat kesembilan, yang tertinggi dalam kariernya, pada Senin, sementara ia juga mengambil langkah besar mendekat lolos ke turnamen akhir musim ATP Finals di Turin dengan naik ke posisi kedelapan yang juga merupakan tiket terakhir.

Turnamen akhir musim untuk tur putra, ATP Finals, yang diadakan 14-21 November, dimainkan antara delapan pemain tunggal teratas dan tim ganda.

Seperti dilaporkan Reuters, petenis nomor satu dunia Novak Djokovic, juara AS Terbuka Daniil Medvedev, Stefanos Tsitsipas, Alexander Zverev, Andrey Rublev, dan Matteo Berrettini sudah memastikan lolos ke turnamen tersebut dengan dua tempat yang belum dipastikan.

Baca juga: Sinner tingkatkan peluang lolos ke ATP Finals dengan gelar di Antwerp

Dalam pertarungan antara dua pemain yang mengejar tempat di Turin, Sinner mengalahkan Casper Ruud dari Norwegia untuk mencapai semifinal Erste Bank Open pekan lalu, yang membantunya melewati petenis Polandia Hubert Hurkacz dan Rafa Nadal di daftar peringkat untuk turnamen ATP Finals.

Petenis Italia, yang telah memenangi empat gelar pada tahun 2021, memimpin 6-3 5-2 di semifinal melawan Frances Tiafoe, namun petenis Amerika itu bangkit untuk mengalahkannya dan mendapat tempat di final melawan pemain Jerman Alexander Zverev.

Ruud tetap di peringkat ketujuh dengan Hubert di urutan ke-10, dan ketiga pemain itu akan bertanding pada event ATP 1000 minggu ini di Paris.

Nadal berada di urutan kesembilan di papan peringkat, namun telah mengakhiri musimnya karena cedera.

Baca juga: Medvedev belum pasti ikut Australian Open
Baca juga: PM bolehkan petenis tak bervaksin ikuti Australian Open
Baca juga: Federer turun peringkat lebih jauh karena cedera tak kunjung sembuh

Penerjemah: Gheovano Alfiqi/Fitri Supratiwi
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021