Barcelona (ANTARA News/AFP) - Kemungkinan kembalinya Robert Kubica untuk membalap di Formula Satu setelah mengalami cedera parah menyusul kecelakaan mengerikan bulan lalu, mustahil untuk diperkirakan saat ini, kata ketua tim dokter Lotus Renault Riccardo Ceccarelli, Kamis.

"Kapan Kubica akan kembali membalap? untuk saat ini pertanyaan itu belum dapat dijawab oleh siapapun. Yang kami tahu jawabannya adalah akan sangat lama," kata Ceccarelli.

"Tetapi ada hal positif yang bisa kami nyatakan, para dokter bekerja dengan sangat baik, dan respon fisik dan psikologis Robert yang benar-benar sangat kuat," katanya menambahkan.

"Bagi kami yang telah mengenalnya begitu dekat, semuanya berjalan biasa-biasa saja. Tidak ada yang mengejutkan soal kemampuan Robert untuk bereaksi dengan cepat dan dengan begitu baik. Tetapi bagi para dokter lain di rumah sakit, kemajuan Kubica adalah sesuatu yang luar biasa," katanya.

Ceccarelli menambahkan "kami belum menentukan tanggal kapan Kubica akan kembali. Kami benar-benar tidak dapat memperkirakan kapan hal itu akan terjadi... saya bahkan tidak bisa memprediksi apakah itu tahun depan atau tahun berikutnya."

"Yang kami lakukan saat ini adalah terus memberi yang terbaik bagi Kubica dari hari ke hari, dan setelah itu mari kita tunggu hasilnya, butuh waktu memang," ujar Ceccarelli.

Kubica harus menjalani operasi sebanyak tiga kali setelah kecelakaan yang dialaminya sewaktu ikut berpartisipasi dalam reli Ronde di Andora di Liguria, Italia pada 12 Februari lalu, dan sampai saat ini dia masih dirawat di rumah sakit yang sama dekat Genoa.

Operasi tahap pertama yang dijalani oleh pembalap Polandia itu adalah memperbaiki cedera parah pada tangan kanannya yang berlangsung selama tujuh jam.

Dia kemudian harus juga menjalani dua prosedur operasi berikutnya - yang pertama adalah pada kaki, bahu dan bagian dalam sikunya, dan yang kedua dikonsentrasikan pada bagian luar siku itu.

Lotus Renault telah mengontrak pembalap Jerman Nick Heidfeld untuk menggantikan Kubica pada musim balap mendatang.

Musim balap F1 2011 dijadwalkan akan dimulai di Melbourne pada 27 Maret ini. (OKS/I015/K004)
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011