Kebakaran Lapas Tangerang

Kemenkumham beri penjelasan kebakaran Lapas Tangerang ke Komnas HAM

Kemenkumham beri penjelasan kebakaran Lapas Tangerang ke Komnas HAM

Direktur Jenderal (Dirjen) HAM Kemenkumham RI Mualimin Abdi memberikan keterangan pers di Jakarta, Senin. (ANTARA/Muhammad Zulfikar)

Kedatangan kami untuk memberikan penjelasan sejelas-jelasnya terkait peristiwa kebakaran Lapas Kelas I Tangerang pada 8 September 2021
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI memberikan penjelasan kepada Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) terkait insiden kebakaran Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Tangerang, Banten.

"Kedatangan kami untuk memberikan penjelasan sejelas-jelasnya terkait peristiwa kebakaran Lapas Kelas I Tangerang pada 8 September 2021," kata Direktur Jenderal (Dirjen) HAM Kemenkumham RI Mualimin Abdi di Jakarta, Senin.

Kedatangan Dirjen HAM beserta rombongan tersebut sekaligus bentuk itikad baik dan merespons pengaduan sejumlah keluarga korban yang sebelumnya lebih dulu mendatangi Komnas HAM terkait beberapa hal.

Baca juga: Komnas HAM akan panggil perwakilan Kemenkumham soal kebakaran lapas

Ia mengatakan Kemenkumham dan Komnas HAM telah bersepakat bahwa kementerian terkait telah berupaya melakukan sejumlah tindakan terbaik atas insiden yang menewaskan 49 narapidana tersebut.

Upaya yang telah dilakukan tersebut mulai dari merawat korban, pemulasaraan jenazah hingga memberikan sejumlah uang santunan sebagai tali asih kepada ahli waris.

"Kemenkumham telah memberikan hal-hal terbaik untuk keluarga korban," kata Mualimin.

Kepada Komnas HAM, Mualimin mengatakan apa yang dilakukan oleh Kemenkumham semata-mata agar keluarga korban diberikan kemudahan dan akses dengan terbuka.

Di samping itu, Kemenkumham juga masih akan membuka dialog atau ruang komunikasi dengan pihak keluarga korban apabila masih ada yang merasa tidak puas atau janggal atas penanganan musibah itu.

Apakah itu masalah pengurusan jenazah, pemberian informasi dan hal-hal lainnya, Kemenkumham tetap membuka ruang komunikasi kepada seluruh ahli waris.

"Jadi apabila dalam pelaksanaannya masih ada yang kurang puas atau ada yang perlu ditanyakan, Kemenkumham akan memberikan informasi seluas-luasnya," kata dia.

Baca juga: Komnas HAM: Status korban kebakaran lapas harusnya dipulihkan
Baca juga: Keluarga korban kebakaran Lapas Tangerang mengadu ke Komnas HAM

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Janji kerja Kemenkumham Sumbar maksimalkan pelayanan publik

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar