Jayapura (ANTARA) - Panitia Besar Pekan Paralimpik Nasional (PB Peparnas) XVI Papua rencananya akan menerbangkan 500 drone pada pelaksanaan upacara pembukaan event empat tahunan tersebut yang dilaksanakan di Stadion Mandala Jayapura.

Koordinator Bidang Upacara Pembukaan dan Penutupan PB Peparnas XVI Papua Mozes Maniagasi di Jayapura, Senin, mengatakan ke-500 drone tersebut sengaja diterbangkan guna meramaikan "opening ceremony" event olahraga bagi para disabilitas.

"Hal ini akan menjadi yang pertama kalinya dilakukan, apalagi drone-drone ini berasal dari luar negeri," katanya.

Menurut Mozes, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan pihak Paspampres mengingat rencananya Presiden RI Joko Widodo yang akan membuka penyelenggaraan Peparnas XVI Papua secara resmi di Stadion Mandala Jayapura.

"Sedangkan kapasitas Stadion Mandala Jayapura hanya dapat menampung penonton sekitar 1000an orang sehingga hal ini akan dipertimbangkan kembali mengingat tetap harus mengedepankan protokol kesehatan," ujarnya.
Baca juga: Wali Kota Jayapura sebut masyarakat antusias sambut Peparnas Papua

Dia menjelaskan upacara pembukaan Peparnas XVI Papua akan dilaksanakan pada 5 November 2021 di Stadion Mandala Jayapura dan ditutup pada 13 November 2021.

"Untuk artisnya sendiri kami akan mendatangkan Anggun dan artis lokal pada upacara pembukaan Peparnas XVI Papua," katanya lagi.

Dia berharap masyarakat dapat menaati anjuran dalam penerapan protokol kesehatan selama kegiatan upacara pembukaan di Stadion Mandala Jayapura mengingat masih berada pada masa pandemi COVID-19.

Baca juga: Persiapan penyelenggaraan Peparnas Papua sudah 98 persen
Baca juga: Produser Dokudrama sebut Papua sanggup jadi tuan rumah Peparnas 2021

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021