Jakarta (ANTARA News) - Industri Teknologi Komunikasi dan Informasi (Information and Communication Technology/ ICT) diperkirakan tumbuh pesat tahun 2011 baik di Indonesia maupun di luar negeri.

"Saya perkirakan untuk industri komunikasi akan naik 15 persen, sedangkan bagi industri informasi naik 9,2 persen," kata Victor Wong, Direktur Proyek Ajang-ajang Komunikasi Singapore Exhibition Services di Jakarta, Jumat.

Menurut dia, pertumbuhan tidak hanya terjadi pada industri ITC besar saja, akan tetapi juga industri menengah dalam bentuk teknologi bergerak dan teknologi jejaring sosial yang kian beragam.

Victor optimistis berdasarkan data tersebut, penyelenggaraan CommunicAsia2011 dan BroadcastAsia 2011 di Suntec Singapore dan Marina Bay Sands pada 21-24 Juni 2011 akan mendapat animo besar dari masyarakat Indonesia maupun dunia.

Analis senior dibidang ITC Indonesia, Rizki Muhammad Ridwan mengatakan, kegiatan ini akan menjadi pembanding bagi Indonesia dalam mengembangkan produk baru karena di sana akan muncul perkembangan baru produk terkini.

Diperkirakan seperti tahun-tahun sebelumnya peserta acara ini mencapai 2000 perusahaan ICT baik multinasional, menengah, dan kecil dari 100 negara.

Dalam pameran ini biasanya seluruh teknologi yang menggabungkan penyiaran, media digital, teknologi informasi komunikasi terbaru akan muncul.

CommunicAsia2011 adalah wadah jejaring bisnis terpilih di Asia untuk komunikasi ICT global. Ajang ini memberikan peluang untuk menyaksikan langsung yang terdepan dari teknologi dan inovasi dalam industri ini, serta kesempatan melihat dan menguji teknologi-teknologi baru yang akan membentuk masa depan dunia komunikasi.

Sebanyak 23 paviliun internasional, termasuk perwakilan dari Australia, Bangladesh, Brunei, Belgia, Kanada, China, Prancis, Finlandia, Jerman, India, Indonesia, Israel, Korea, Malaysia, Norwegia, Filipina, Singapura, Swedia, Taiwan, Inggris dan Amerika Serikat akan memberikan warna tersendiri di lantai pameran CommunicAsia2011.

Selanjutnya, CommunicAsia2011 Summit akan menghadirkan forum-forum dan sesi-sesi lokakarya untuk membahas isu dan tantangan di industri ICT ke depannya.

Tahun ini, fokusnya terbesar ada pada tren berbasis broadband, Cloud Computing, dan Mobile Value Added Services. Topik-topik terkait ketiga hal tersebut akan diangkat dalam sesi-sesi tambahan di konferensi, bersama dengan topik-topik terbaru di sektor komunikasi satelit, keamanan, dan pasar bergerak.

"Penjual dan pembeli internasional akan bertemu di ajang ini untuk menjajaki peluang bisnis. Peserta termasuk penyedia sistem teknologi informasi dan piranti lunak, seperti pemain depan industri Ecquaria, Extreme Networks, NComputing, Starvision dan Zoho," ujar Victor.

(G001/S019/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011