Pontianak (ANTARA) - Lala Astriani yang menjadi satu-satunya atlet catur NPC Kalbar yang akan bertanding di Peparnas XVI di Papua 2021, menegaskan, ia siap berjuang meraih medali pada ajang multi cabang tersebut.

Pelajar SLB Negeri Rasau Jaya itu akan turun di nomor catur standar dan catur cepat kategori B1 atau Tuna Netra. Saat ini, gadis kelahiran Pontianak, 16 Agustus 2006 tengah menjalani Pelatda.

Lala mengatakan, Senin di Pontianak, bahwa Peparnas XVI Papua 2021 ini merupakan yang pertama kalinya ia ikut serta. Namun, Ia bertekad meraih hasil maksimal dengan merebut medali, seperti saat ia tampil di Pekan Paralimpik Pelajar Nasional (Peparpenas IX)  2019 dengan merebut medali perak.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantunya hingga dapat tampil di Peparnas XVI Papua 2021.

"Terimakasih saya ucapkan kepada semua pihak, terutama NPC Kalbar dan Dispora Kalbar," kata putri bungsu pasangan Zaini dan Nuriyani itu.

Saat persiapan keberangkatannya, Lala masih tampak serius mendengarkan arahan dari pelatih tentang teori- teori catur untuk persiapan menghadapi lawan lawan di Peparnas nanti.

Terlihat buku buku catur yang berisi materi latihan catur menumpuk di dekat meja. Pelatih kemudian membuka program latihan catur di aplikasi, selanjutnya menata posisi buah catur dan menyuruh Lala untuk menjawab latihan soal taktik dan strategi.

Tak menunggu lama, Lala terlihat segera menggerakkan kedua tangannya ke atas papan catur untuk menyelesaikan langkah jawaban atas latihan soal-soal yang diberikan pelatihnya.

Menurut Andi Yusandi, official yang akan mendampingi Lala di Peparnas XVI Papua 2021, melihat progres hasil latihan, anak didiknya itu berpeluang merebut medali di Papua.

"Insya Allah dengan melihat progres latihan Lala, saya yakin ia akan tampil maksimal dan bisa merebut medali. Mohon doa masyarakat Kalbar," kata pria yang juga Ketua NPC Ketapang itu.

Andi juga menerangkan bahwa Lala yang juga seorang Hafizah (penghafal Alquran) sudah melakukan uji tanding dengan pecatur junior dan senior Kalbar. Hasilnya cukup memuaskan. Atlet yang sudah kenal dengan olahraga catur sejak Sekolah Dasar ini mampu bermain baik dan memetik kemenangan.

Baca juga: Bandara Sentani Jayapura siap sambut ajang Peparnas XVI 2021 Papua
Baca juga: Menpora tegaskan Peparnas XVI akan difasilitasi sama seperti PON XX
Baca juga: Pemerintah jamin kesejahteraan atlet disabilitas

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2021