Jadi, mudah-mudahan saya bisa menyelesaikan musim dengan kuat dan meraih peringkat 1 di akhir tahun
Jakarta (ANTARA) - Novak Djokovic mengungkapkan targetnya untuk sisa tahun 2021 yaitu mengukuhkan posisi nomor satu pada akhir tahun ini dan membela Serbia di Piala Davis, ketika dia kembali berkompetisi di Paris Masters untuk pertama kalinya sejak kalah di final US Open.

Djokovic, yang setara dengan Roger Federer dan Rafa Nadal dengan mengantongi 20 gelar juara turnamen utama, belum pernah bermain sejak gagal dalam upayanya untuk memenangi Grand Slam pada September, kalah dua set langsung dari petenis Rusia Daniil Medvedev di Flushing Meadows.

Djokovic dan Medvedev keduanya berada di Paris untuk acara Masters 1000 di Bercy sebelum mereka menuju ke Turin untuk Final ATP yang akan berlangsung pada 14-21 November.

Baca juga: Djokovic siap beraksi di nomor ganda Paris Masters

Posisi nomor satu pada akhir tahun didasarkan pada hasil selama musim turnamen dan Djokovic dapat menyegelnya di Bercy di mana dia adalah unggulan teratas dan juara lima kali Paris Masters.

"Nomor satu akhir tahun ada di garis antara Medvedev dan saya sendiri, dan saya dalam posisi yang cukup bagus dalam hal poin peringkat, jadi itu jelas tujuan akhir musim selain mencoba untuk melakukan dengan baik di Piala Davis bersama tim nasional," kata Djokovic dikutip dari Reuters, Senin.

"Jadi, mudah-mudahan saya bisa menyelesaikan musim dengan kuat dan meraih peringkat 1 di akhir tahun."

Djokovic (34) dan petenis Amerika Pete Sampras masing-masing memegang rekor enam kali posisi nomor satu pada akhir tahun.

Baik Djokovic maupun Medvedev akan mewakili negara mereka di Piala Davis, yang dimulai pada 25 November, dan petenis Serbia itu mengatakan musim ini "sangat menguras tenaga."

"Tetapi saya memiliki situasi serupa sebelumnya di mana saya sangat lelah, tetapi entah bagaimana berhasil menemukan kekuatan dan menyelesaikan tahun dan musim dengan kuat," ujar Djokovic.

"Mudah-mudahan itu akan terjadi lagi," dia menambahkan.

Baca juga: Djokovic harus divaksinasi untuk main di Australian Open
Baca juga: Medvedev juara US Open, kandaskan mimpi rekor Grand Slam Djokovic

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021