Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Lombok Tengah Jalaludin, menyatakan Wolrd Superbike (WSBK) di Sirkuit Pertamina Mandalika Internasional Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, dipastikan bisa mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) pemerintah daerah.

"Pendapatan yang akan diterima pemerintah daerah itu 15 persen dari harga tiket yang terjual. Sehingga ini akan mendongkrat peningkatan realisasi PAD Lombok Tengah 2021," katanya di Praya, Lombok Tengah, Senin.

Dikatakan, kuota penonton untuk WSBK di Sirkuit Pertamina Mandalika International Street Circuit tanggal 19-21 November sebanyak 25 ribu penonton. Tiket telah dijual secara online sejak tanggal 23 Oktober 2021 dengan harga mulai dari Rp700.000 hingga Rp19 juta melalui platform Dyandra Promosindo.

“Itu pajak dari penjualan tiket, belum pajak dari hotel dan restoran serta parkir. PAD yang kita dapat itu diatas Rp5 miliar,” katanya.

Sementara itu, realisasi PAD Lombok Tengah hingga Oktober 2021 baru 49 persen. Untuk target PAD tahun anggaran 2021 mencapai Rp152 miliar dari target awal Rp200 miliar setelah direvisi dampak pandemi COVID-19.

"Realisasi PAD baru Rp67 miliar atau 49 persen," katanya.

Kurangnya pencapaian penerimaan PAD Tahun ini dampak COVID-19, karena semua sektor yang menjadi sumber PAD ikut terdanpak seperti sektor pariwisata.

"Semua Hotel dan Restoran selama pandemi tamunya tidak ada. Jadi pajak dari sektor pariwisata itu berkurang drastis," katanya.

Menurutnya, kondisi capaian PAD 2021 ini hampir sama dengan 2020, dimana pencapaiannya kurang maksimal dari target yang telah ditetapkan.

"Tahun lalu kurang dari 100 persen realisasinya," katanya.

Untuk meningkatkan penerimaan PAD, pihaknya telah mendorong semua OPD untuk terus menggali potensi sumber-sumber PAD lainnya.

"Sumber PAD kita itu dari Pajak Bumi Bangunan, Hotel, Restoran dan Retribusi Parkir serta pendapatan yang sah lainnya," katanya.

“Peluang paling besar yang diharapkan bisa meningkatkan capai PAD Tahun 2021 ini adalah event WSBK di Sirkuit Mandalika. Mudah-mudahan dengan perhelatan ini bisa meningkatkan target realisasi PAD kita," katanya.
Baca juga: Dishub NTB pastikan kesiapan transportasi angkut penonton WSBK
Baca juga: Menko Airlangga dorong percepatan vaksinasi Mandalika sukseskan WSBK

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Royke Sinaga
Copyright © ANTARA 2021