Kepala Divisi Humas Irjen Pol. Argo Yuwono akan menempati jabatan baru sebagai Aslog Kapolri.
Jakarta (ANTARA) - Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo memutasi sejumlah perwira tinggi dengan menerbitkan Surat Telegram Nomor ST/2278/X/KEP./2021 tanggal 31 Oktober 2021 yang ditandatangai oleh Asisten SDM Kapolri Irjen Pol. Wahyu Widada.

Dalam surat telegram yang diterima awak media pada Senin malam, sejumlah perwira tinggi yang dirotasi dan mutasi, yakni Kapolda Jawa Barat Irjen Pol. Ahmad Dofiri diangkat sebagai Kabaintelkam Polri.

Jabatan ini sebelumnya ditempati oleh Komjen Pol. Paulus Waterpauw yang diangkat oleh Presiden sebagai Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan, Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan (BNPP) pada tanggal 27 Oktober lalu.

Perwira tinggi lainnya yang dimutasi adalah Kepala Divisi Humas Irjen Pol. Argo Yuwono akan menempati jabatan baru sebagai Aslog Kapolri.

Kapolri mengangkat Irjen Pol. Dedi Prasetyo yang saat ini menjabat sebagai Kapolda Kalimantan Tengah menggantikan Argo menjadi Kepala Divisi Humas Polri.

Selain itu, Kapolri juga memutasi Kakorlantas Polri Irjen Pol. Istiono sebagai pati Korlantas Polri dalam rangka pensiun. Dia digantikan oleh Irjen Pol. Firman Shantyabudi yang kini menjabat Aslog Kapolri.

Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dirtipideksus) Brigjen Pol. Helmy Santika juga dimutasi sebagai Sahlijemen Kapolri. Posisi Helmy digantikan oleh Kombes Pol. Wishnu Hermawan Februanto yang naik jabatan dari Wadirpideksus menjadi Dirtipideksus.

Sementara itu, jabatan Kapolda Jawa Barat akan diisi oleh Irjen Pol. Suntana yang saat ini menjabat sebagai Wakabaintelkam Polri, sedangkan jabatan Wakabaintelkan nantinya diisi oleh Irjen Pol. Merdisyam yang kini menjabat sebagai Kapolda Sulawesi Selatan.

Posisi Kapolda Sulawesi Selatan nantinya diisi oleh Irjen Pol. Nana Sudjana.

Terdapat 43 nama perwira tinggi yang dimutasi dalam surat telegram bernomor ST/2278/X/KEP./2021.

Total ada empat surat telegram yang diterbitkan Kapolri dan ditandatangi oleh Asisten SDM Kapolri Irjen Pol. Wahyu Widada.

Pada Surat Telegram Nomor ST/2279/X/KEP./2021 terdapat 53 nama perwira yang dimutasi, termasuk di dalamnya Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Yusri Yunus yang diangkat sebagai Dirregident Korlantas Polri.

Kombes Pol. E. Zulpan yang saat ini menjabat Kabidhumas Polda Sulsel diangkat sebagai Kabid Humas Polda Metro Jaya.

Surat telegram berikutnya ST/2277/X/KEP./2021 terdapat 14 nama perwira menengah yang dimutasi dan ST/2280/X/KEP./2021 ada 63 nama perwira yang dimutasi sehingga dari keempat surat telegram tersebut, Kapolri memutasi dan merotasi 173 perwiranya.

Baca juga: Kapolri mutasi 98 perwira salah satunya Kapolda Sumsel

Baca juga: Kapolri mutasi 504 perwira tinggi dan menengah

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2021