Jakarta (ANTARA) - Blibli membeberkan beberapa strateginya untuk mendorong inklusi keuangan bertepatan dengan momen Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2021 yang dibuat oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Associate Vice President Security Blibli Ricky Setiadi menyebutkan Blibli sebagai perusahaan bentukan anak bangsa memastikan faktor keamanan dalam akses keuangan digital akan menjadi fokusnya sehingga pelanggan bisa memiliki kepercayaan untuk mengakses layanan keuangan dengan dukungan teknologi terkini itu.

“Kami berharap akan semakin banyak konsumen yang mendapat manfaat dari layanan pembayaran dan keuangan online dari Blibli yang mampu berkontribusi dalam membentuk ekonomi yang lebih inklusif bagi masyarakat,” ujar Ricky dalam keterangannya, Selasa.

Baca juga: Adopsi bank digital diprediksi bakal jadi tren

Baca juga: Blibli #AyoBelanjaSeru awali Harbolnas 2021


Adapun beberapa strategi yang disiapkan Blibli memperkuat kapabilitasnya memastikan keamanan transaksi dan informasi pelanggannya dalam mendukung inklusi keuangan seperti mendapatkan ertifikasi ISO/IEC 27001:2013 tentang Sistem Manajemen Keamanan Informasi.

Sertifikasi itu diterbitkan oleh British Standard Institution atas kemampuan Blibli dalam menerapkan berbagai strategi keamanan data, termasuk dalam hal kematangan arsitektur teknologi dan perlindungan API.

Blibli juga meraih sertifikasi sebagai e-commerce pertama di Indonesia yaitu Computer Security Incident Response Team (CSIRT) berkat kematangan menjalankan proses keamanan informasi.

Selain itu Blibli juga terus menjaga capaiannya dengan skor tertinggi di Indeks Keamanan Informasi (KAMI) dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dalam memenuhi kriteria terkait tata kelola, pengelolaan risiko, kerangka kerja, pengelolaan aset, dan aspek teknologi keamanan informasi.

“Ke depan, Blibli akan terus mendorong lahirnya lebih banyak inovasi dalam mengembangkan sistem pembayaran di dalam platform kami, memperkuat keamanan tiap data, informasi, dan transaksi pelanggan, dan menjalin lebih banyak kolaborasi dengan para stakeholder terkait. Dengan begitu, Blibli dapat menegaskan posisinya sebagai e-commerce lokal yang mampu berkontribusi nyata dalam membentuk inklusi keuangan di tengah masyarakat,” ujar Ricky.

Baca juga: Kejahatan siber masih terus menghantui konsumen Indonesia

Baca juga: Festival Belanja Cantik Blibli hadirkan empat tokoh perempuan

Baca juga: BCA dan Blibli kerja sama luncurkan kartu kredit


Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021