Ambon (ANTARA News) - Ratusan artis papan atas akan memeriahkan perayaan 18 tahun kehadiran stasiun televisi ANTV di Tanah Air lewat penampilan mereka dalam pertunjukan musik yang akan digelar dan disiarkan secara langsung dari Planery Hall, Jakarta Convention Center (JCC), Senayan pada 18 Maret 2011.

Wakil Direktur Produksi ANTV, Herty Purba, dalam siaran pers yang diterima ANTARA, Sabtu, menyatakan, artis, penyanyi, dan musisi yang dijadwalkan tampil, antara lain Afgan, Petra, Vidi Aldiano, dan Cangcuters.

Selain itu, Bondan Prakoso feat 2 black, SM*SH, DMasiv, ST12, Wali, Kotak, Geisha, Armada, Lyla, Bagindas, Netral, Ridho Rhoma, 3 Macan, Melinda, Syahrini, Anang, Aurel, Ashanty, Indah Dewi Pertiwi dan sebagaimya.

"Setiap penampilan artis dan band akan menyajikan lagu-lagu yang digemari dengan sentuhan arrangement Dian HP dan Denny Chasmala yang lebih menggugah dan menarik. Mereka akan didukung dengan treatment-treatment lagu, kreografi dan atraksi yang menghangatkan suasana," katanya.

Menurut Herty, pertunjukan fantastis itu akan berlangsung mulai pukul 19.30 WIB dengan menyajikan tata panggung, tata cahaya, yang didukung perangkat multimedia serta busana modern dan futuristik yang dikenakan para penampil.

Hal yang khusus adalah penataan panggung dengan format "center stage" yang memungkinkan para tamu dan undangan serta pemirsa televisi di rumah dapat menyaksikan penampilan para artis secara leluasa.

"Ini format panggung yang pertama kali digunakan di Indonesia," kata Herty.

Ia menambahkan, tata panggung tidak menggunakan istilah "back stage" melainkan "under stage" yakni semua persiapan pertunjukan dilakukan di bawah panggung yang membentuk labirin.

"Hal lain adalah penggunaan Boombox sebagai elemen pendukung sekaligus stage tambahan, selain main stage. Boombox ini merupakan bentuk multimedia yang akan memunculkan grafis-grafis secara tiga dimensi," katanya.

Pihak JCC mengakui Kilau Emas 18 ANTV ini menggunakan "rigging" tata lampu terbanyak yang pernah digelar di gedung itu.

Dari sisi sistem video akan digunakan 18 kamera untuk merekam setiap penampilan artis dari segala penjuru panggung, sehingga pemirsa tidak akan ketinggalan "moment" menarik dari setiap penampilan artis.

Sementara itu, Presiden Direktur ANTV, Dudi Hendrakusuma, mengatakan, konser spektakuler Kilau Emas 18 ANTV merupakan puncak dari rangkaian kegiatan ulang tahun stasiun televisi swasta nasional tersebut.

"Inilah ucapan rasa syukur dan terima kasih ANTV. Dengan berbagi dengan sesama dan menyebarkan keceriaan, kami pastikan Pemirsa ANTV dapat terhibur selama lima jam nonstop dan tidak melewatkan momen special dari kami walau hanya sedetik," katanya.(*)

(T.J007/E011)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011