counter

Korban Gempa-Tsunami Jepang Hampir 900

Korban Gempa-Tsunami Jepang  Hampir 900

Kebakaran terjadi di daerah Fukushima yang dilanda tsunami, sekitar 200 km sebelah utara Tokyo. (ANTARANews/AFP)

Tokyo (ANTARA News) - Jumlah korban tewas akibat gempa dan tsunami di wilayah pantai timur laut Jepang hampir mencapai 900, kata kepolisian setempat, Ahad.

Dinas Kepolisian Nasional mengatakan bahwa 688 orang dipastikan tewas,a 642  hilang dan 1.570 terluka dalam bencana yang terjadi pada Jumat siang itu (11/3).

Angka perhitungan kepolisian nasional itu tidak mencakup jumlah kematian yang dihitung kepolisian kota Sendai, yang mengatakan sedikit-dikitnya 200 telah ditemukan.

Juru bicara Perdana Menteri Naoto Kan sekaligus tangan kanannya, Kepala Sekretaris Kabinet Yukio Edano, sebelumnya menyampaikan keyakinannya tentang jumlah korban yang mungkin telah mencapai lebih dari 1.000 orang.

Di tengah upaya penyelamatan massal, terdapat sejumlah laporan terbaru yang menunjukkan bertambahnya jumlah korban di sepanjang pantai timur Pulau Honshu, tempat gelombang bencana itu menghancurkan atau merusak lebih dari 12.250 rumah dan bangunan lain.

Sedikit-dikitnya 2.400 rumah tersapu oleh tsunami itu, sementara lebih dari 100 rumah lagi terbakar, menurut kepolisian, yang menambahkan terjadinya 60 kasus tanah longsor.
(KR-PPT/C003)

Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2011

Komite 60 Tahun Jepang-Indonesia bangun kembali sekolah di Sulteng

Komentar