Tarakan (ANTARA) - Kontingen Kalimantan Utara (Kaltara) akan melakukan debut mereka dalam ajang Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI yang digelar di Papua pada 5-15 November 2021. 

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara Suriansyah, mewakili Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang, melepas keberangkatan kontingen Kaltara di Ruang VIP Bandara Juwata, Kota Tarakan. 

"Ini merupakan keikutsertaan Kaltara yang pertama kali dalam ajang ini (Peparnas)," kata Suriansyah di Kota Tarakan, Selasa. 

Atas nama Pemprov Kaltara, ia mengaku sangat bangga dan siap memberikan dukungan yang sebesar-besarnya terhadap kontingen Kaltara yang akan berlaga di Peparnas XVI Papua.

“Yang terpilih untuk mewakili Kaltara dalam ajang nasional ini adalah putra-putri terbaik Kaltara,” ujar Suriansyah.

Baca juga: Kemenko Polhukam Rakor persiapan Peparnas XVI di Papua 
Baca juga: Diskominfo Papua imbau masyarakat akses informasi resmi soal Peparnas 


Sekda pun berharap para atlet mampu memberikan kemampuan terbaik mereka dalam ajang empat tahunan bagi atlet disabilitas tersebut demi mengharumkan nama Kaltara. 

“Saya berpesan kepada saudara-saudara sekalian untuk selalu menjaga nama baik Kaltara dimana pun berada. Jangan sampai nama kita rusak karena tindakan oknum yang merugikan kita semua,” tutur Suriansyah.

Ia juga tak lupa mengingatkan kontingen kaltara agar terus menjunjung tinggi sportivitas dan bertanding dengan semangat serta selalu menjaga kejujuran. 

Ia pun mengimbau agar seluruh kontingen Kaltara bangga mengenakan identitas budaya Bumi Benuanta. Sebab Peparnas dinilai dapat menjadi ajang promosi budaya lokal Kaltara untuk memperkenalkan kain batik motif Kaltara, yang terdiri dari penutup kepala atau singgal khas Kaltara serta berbagai atribut lainnya. 

“Tentunya ini untuk memperkenalkan keindahan budaya yang kita miliki. Selain itu, tunjukkan budaya Benuanta yang ramah, sopan, jujur dan sportif serta bermental juara. Kita bisa dan pasti bisa,” tegas Suriansyah.

Kontingen Kaltara terdiri dari 30 atlet yang akan mengikut enam cabang olahraga, yaitu angkat berat, bulu tangkis, atletik, catur, renang dan tenis meja. 

Baca juga: Wakil Presiden Ma'ruf Amin akan buka Peparnas Papua 
Baca juga: 13 atlet difabel arak obor Peparnas Papua 
Baca juga: Api sudah dinyalakan lewat prosesi adat, Kirab Obor Papernas mulai 

 

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021