Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 112 warga negara Indonesia yang tinggal di salah satu wilayah terdampak gempa di Jepang, Sendai, akan segera dievakuasi ke Jakarta dalam waktu dekat, kata Duta Besar Indonesia untuk Jepang Muhammad Lutfi, Senin.

"Tadi malam sebanyak 112 orang itu sudah sampai di Tokyo. Mereka sudah menyatakan setuju untuk dievakuasi segera ke Jakarta," katanya.

Lutfi menambahkan terdapat satu warga Vietnam dan satu warga Taiwan yang ikut dalam rombongan warga yang dievakuasi tim KBRI dari Sendai ke Tokyo.

Sementara itu mengenai empat orang Anak Buah kapal (ABK) warga negara Indonesia yang dinyatakan hilang saat kapal mereka Kuni Maru no.3 bersandar di pelabuhan di prefektur Yamagi (daerah yang ikut tersapu tsunami) sampai saat ini belum diketahui keberadaannya.

Inisial dari para ABK tersebut antara lain S, TS, RH dan AS. Saat ini kapal Kuni Maru no.3 sendiri sudah ditemukan di darat, sekitar 2,5 kilometer dari garis pantai, namun nasib dari keempat ABK tersebut masih belum diketahui.

Pihak KBRI Tokyo terus melakukan komunikasi dengan otoritas dan serikat pelaut setempat, sedangkan Kemlu berusaha menjangkau pihak keluarga untuk menginformasikan kondisi para korban yang masih belum diketahui nasibnya.
(A051)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2011