November dan Desember ini puncak musim hujan, intensitas hujannya lebih tinggi, durasi hujan juga lebih lama
Banda Aceh (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan wilayah Aceh telah memasuki puncak musim musim sehingga masyarakat diminta meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bencana banjir dan tanah longsor.

“November dan Desember ini puncak musim hujan, intensitas hujannya lebih tinggi, durasi hujan juga lebih lama, maka sangat memungkinkan terjadi banjir dan tanah longsor,” kata Koordinator Data dan Informasi BMKG Kelas I Sultan Iskandar Muda Aceh Besar Zakaria Ahmad di Banda Aceh, Rabu.

Selain banjir dan tanah longsor, lanjut Zakaria, pada puncak musim hujan juga berpotensi terjadinya angin kencang atau puting beliung yang disebabkan adanya pertumbuhan awan cumulonimbus.

Baca juga: Bupati Pidie minta tambahan alat berat untuk bersihkan material banjir

Oleh karenanya, Zakaria meminta masyarakat seluruh kabupaten/kota di daerah Tanah Rencong itu untuk meningkatkan kewaspadaan, terutama pemukiman di kawasan pinggiran sungai, dataran rendah, hamparan luas seperti persawahan yang berpotensi banjir luapan, genangan bahkan banjir bandang.

“Untuk masyarakat daerah perkotaan juga lebih hati-hati karena rentan banjir genangan, yang disebabkan tanah resapan air sudah sangat berkurang, tertutup dengan gedung, jalan dan sebagainya,” kata Zakaria.

Upaya mengantisipasi dan meminimalkan risiko saat bencana, kata dia, masyarakat harus mengenali daerah masing-masing. Misalnya seperti pada November dan Desember biasanya daerah kita sering banjir, maka segera lakukan langkah-langkah pencegahan.

Baca juga: BPBD: Banjir bandang rusak puluhan rumah warga Tangae

“Tentu saja barang elektronik dan barang berharga lainnya harus segera diselamatkan, apabila hujan deras dan bertahan sampai dua jam atau bahkan berhari-hari, maka segera lakukan antisipasi,” katanya.

Begitu juga, lanjut Zakaria, untuk penduduk di daerah pegunungan dan perbukitan yang harus mengenali daerah masing-masing terhadap potensi bencana hidrometeorologi yang kerap terjadi setiap tahun.

“Mungkin rentan longsor. Jadi ketika bulan November dan Desember ini daya rekat tanah sudah sangat sedikit, tanah sudah labil, sudah penuh air sehingga mudah terjadi longsor, apalagi hujan sangat deras,” katanya.

Baca juga: Sungai meluap, tiga gampong di Pidie Aceh terendam banjir

Menurut dia, BMKG terus memberi informasi potensi cuaca kepada masyarakat setiap harinya melalui halaman resmi, media massa, dan media sosial. Dengan begitu setiap daerah-daerah memiliki referensi untuk segera lakukan langkah antisipasi.

“Kami selalu memberi informasi prakiraan cuaca setiap hari, untuk pemetaan daerah-daerah berpotensi hujan lebat, petir, angin kencang, puting beliung sehingga daerah-daerah perlu lakukan antisipasi,” kata Zakaria.

Baca juga: 1.853 warga Aceh Utara mengungsi akibat banjir

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021