Jakarta (ANTARA) - Pendiri ByteDance, Perusahaan induk dari TikTok, Zhang Yiming resmi mundur dari jabatannya sebagai CEO dan meninggalkan jajaran Dewan Direksi.

Pengumuman mundurnya Zhang sebenarnya sudah diumumkan sejak Mei 2021 akibat rencana perombakan terbaru di dalam perusahaan raksasa teknologi itu.

Mengutip Reuters, Rabu, posisi Zhang saat ini diisi oleh CEO baru Liang Rubo dan memimpin lima perusahaan yaitu General Atlantic, Sequoia Capital, Coatue Management, dan Susqehanna International Group.

Baca juga: Pemilik TikTok ingin buat aplikasi mirip Clubhouse di China

Baca juga: AS tidak perpanjang tengggat waktu untuk TikTok


Seharusnya Zhang Yiming direncanakan akan mengisi yang paling utama di ByteDance setelah mundur dari jabatannya sebagai CEO namun pada saat dikonfirmasi ByteDance belum memberikan tanggapannya.

Belum jelas juga atas mundurnya Zhang dari CEO apakah ia akan kehilangan lebih dari 50 persen hak suaranya di perusahaan.

Mundurnya Zhang secara resmi dari ByteDance, dilakukan usai pada Selasa (2/11) CEO TikTok Shou Zi Chew mengundurkan diri sebagai Chief Financial Officer (CFO) di ByteDance.

Shou Zi Chew akan secara fokus memimpin platform video pendek itu secara penuh.

Sebelum Zhang mundur dari jabatan CEO, langkah serupa juga diambil oleh Su Hua, pemilik aplikasi video pendek Kuaishou, yang memilih mundur sebagai CEO.

Lalu ada juga pendiri perusahaan e-commerce Pinduoduo Huang Zheng juga ikut mundur dari jabatannya sebagai CEO.


Baca juga: ByteDance akan kurangi bisnis "fintech"

Baca juga: ByteDance akuisisi startup VR Pico Interactive

Baca juga: ByteDance katakan pembekuan rekening bank di India adalah pelecehan

 

   

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021