Ini teman-teman PPSU mengawali bulan Pahlawan ini sebagai pahlawan
Jakarta (ANTARA) - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria memberikan apresiasi kepada tiga petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan Cipinang Muara, Jakarta Timur karena menyelamatkan tiga anak yang hanyut dan tenggelam di Kanal Banjir Timur (KBT).

"Mari kita saling tolong menolong. Ini teman-teman PPSU mengawali bulan Pahlawan ini sebagai pahlawan yang sudah menolong anak kecil sudah tenggelam, diselamatkan," kata Riza Patria di Balai Kota Jakarta, Rabu.

Namun, Riza tidak membeberkan detail apresiasi yang diberikan kepada tiga petugas PPSU yang bernama Joko Malis, Samuji Utomo dan Nain itu.

"Nanti akan dicarikan 'reward' bagi semua. Tadi ada sedikit dari kita, sekedar memotivasi semua agar para PPSU juga selain tugasnya menjaga kebersihan di lingkungan juga menjaga dan membantu penanganan pengendalian banjir," imbuh Riza.

Dalam kesempatan itu, ia meminta kepada masyarakat dan khususnya para orang tua agar memantau aktivitas anaknya apalagi saat musim hujan.

Ia juga meminta agar masyarakat meneladani sikap tiga petugas PPSU tersebut yang menolong warga lain yang nyaris menjadi korban.

"Semua orang tua, mohon dijaga anak-anak kita di musim hujan ini, agar tak alami musibah karena sungai, kali, waduk, situ, embung, semua airnya tinggi, dan deras, termasuk di gorong-gorong," imbuh Riza.

Sebelumnya, pada Selasa (2/11) sore, tiga petugas PPSU tersebut menyelamatkan tiga anak kecil yang saat itu hanyut di Kanal Banjir Timur, usai para petugas tersebut melakukan tugas kebersihan.

Dua anak kecil tersebut langsung berhasil diselamatkan dan ada satu korban lainnya sempat hanyut dan tenggelam.

Beruntung, korban berhasil diangkat ke permukaan, kemudian diberikan pertolongan pertama berupa bantuan nafas.

Korban kemudian dilarikan ke rumah sakit terdekat dan korban akhirnya berhasil diselamatkan dalam keadaan hidup, meski saat itu kondisi tubuh korban sudah pucat.

"Kurang dari lima sampai 10 menit, anak itu ketemu dan saya angkat. Awalnya saya tidak kuat karena habis menyelam, saya dibantu teman saya didorong ke pinggir dan saya serahkan anak itu untuk diberi pertolongan pertama, karena kami dilatih buat pertolongan pertama," ucap petugas PPSU, Joko Malis.

Baca juga: Bocah usia empat tahun hanyut di Sungai Ciliwung
Baca juga: Camat Cipondoh membenarkan satu anak diduga hilang hanyut

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2021