Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita pada Rabu yang masih menarik untuk disimak pagi ini, mulai dari perlu adanya mitigasi atasi banjir di Kalimantan Barat hingga kebutuhan vaksin Sinovac untuk kelompok usia 6-11 tahun berkisar 25 hingga 30 juta dosis.

  Berikut ringkasan berita pada Rabu:

  1. Mensos: Perlu ada mitigasi atasi banjir di Kalbar

  Menteri Sosial Tri Rismaharini mengatakan perlu ada langkah pencegahan atau mitigasi untuk meminimalisasi dan mengatasi banjir yang sering terjadi di sejumlah daerah di wilayah Kalimantan Barat.

  "Katanya banjir ini yang paling parah, makanya perlu ada upaya mitigasi atau pencegahan agar banjir tidak terjadi seperti ini, minimal berkurang lah," kata Risma ketika meninjau lokasi banjir di Sintang, Kalbar, Rabu.

  2. Gempa Bumi magnitudo 6.1 landa Kepulauan Tanimbar di Maluku

  Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menginformasikan terjadinya gempa Bumi dengan magnitudo 6.1 di Kepulauan Tanimbar, Maluku, Selasa malam pukul 23.34 WIB.

  Menurut informasi BMKG yang dikutip di Jakarta, Rabu dini hari, gempa Bumi tersebut terjadi di kedalaman 123 km, pada koordinat 6,93 LS-130,63 BT.

  3. 75.829.190 penduduk Indonesia telah divaksin dosis lengkap

  Kementerian Kesehatan RI melaporkan jumlah warga Indonesia yang telah divaksinasi secara lengkap mencapai 75.829.190 juta jiwa hingga Rabu pukul 12.00 WIB.

  Jumlah penduduk yang telah disuntik dua dosis vaksin COVID-19 per hari ini bertambah 1.023.523 orang.

  4. Banjir menyebabkan jalanan tergenang di Bandung Selatan

  Banjir menyebabkan jalanan tergenang dan memaksa sejumlah warga mengungsi di kawasan Bandung Selatan, Jawa Barat, kata pejabat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung.

  "Hingga pukul 07.00 WIB, hasil asesmen (menunjukkan) ada tiga kecamatan yang terdampak banjir dan ada lima jalan raya yang terendam," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Bandung Hendra Hidayat di Bandung, Rabu.

  5. Kemenkes butuh tambahan 30 juta dosis Sinovac untuk vaksinasi anak

  Kementerian Kesehatan RI memperkirakan kebutuhan vaksin Sinovac tambahan untuk kelompok sasaran vaksinasi COVID-19 usia 6-11 tahun berkisar 25 hingga 30 juta dosis.

  "Kita harus melakukan upaya pemenuhan vaksin ini dengan menambah sekitar 25-30 juta dosis tambahan vaksin Sinovac karena pesanan yang saat ini tidak cukup untuk memenuhi kebutuhn vaksin pada rentang usia anak," kata Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kemenkes RI Siti Nadia Tarmizi yang dikonfirmasi di Jakarta, Rabu.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2021