Kita optimis dengan adanya forum bisnis ini, prospek investasi di Aceh dapat disosialisasikan dengan lebih luas kepada masyarakat internasional dan Timur Tengah
Dubai (ANTARA) - Pemerintah Aceh menyelenggarakan Forum Bisnis Aceh untuk menarik minat investasi pelaku usaha mancanegara yang hadir pada perhelatan internasional Expo 2020 Dubai di Paviliun Indonesia.

"Kita optimis dengan adanya forum bisnis ini, prospek investasi di Aceh dapat disosialisasikan dengan lebih luas kepada masyarakat internasional dan Timur Tengah," kata Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Aceh Marthunis di Dubai, Kamis.

Forum bisnis diselenggarakan dengan mengusung 10 topik tentang potensi dan proyek investasi di Aceh. Di antaranya topik pengembangan pariwisata di Pulau Banyak, Aceh Singkil yang menyasarkan penyelia Sovereign Wealth Fund dan pelaku usaha di bidang pariwisata dan perhotelan.

Selain itu, Pemerintah Aceh juga turut memaparkan potensi investasi pada pengembangan kawasan ekonomi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Arun Lhokseumawe, Kawasan Industri Aceh (KIA) Ladong, Kawasan Perdagangan Bebas Sabang (FTZ), dan Pelabuhan Perikanan Internasional (PPS) Kutaraja, Lampulo.

Marthunis mengatakan Forum Bisnis Aceh yang diadakan pada World Expo kali ini diharapkan mampu memberikan perspektif yang lebih dalam kepada calon investor mancanegara dan khususnya kepada kalangan pelaku usaha di Uni Emirat Arab.

Sementara itu, Kepala Badan Pengusahaan Kawasan Pelabuhan Bebas dan Perdagangan Sabang (BPKS) Iskandar Zulkarnain mengatakan dirinya sangat antusias berpartisipasi dalam forum bisnis mengingat Sabang masih memerlukan investasi khususnya di pengelolaan pelabuhan dan sektor pariwisata.

"Kami berharap dengan adanya forum bisnis ini dapat mengekspos potensi Sabang, terutama dari segi keunggulannya sebagai lokasi strategis dalam jalur perdagangan dunia," katanya.

Baca juga: RI kibarkan talenta terbaik lewat National Day di Expo 2020 Dubai
Baca juga: Mendag: Pengunjung dapat rasakan jadi orang Indonesia di Expo Dubai
Baca juga: Megahnya Al Wasl Plaza, lokasi National Day RI di Expo 2020 Dubai


Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2021