Wakil Ketua DPR: Uji kelayakan calon Panglima TNI pada Jumat

Wakil Ketua DPR: Uji kelayakan calon Panglima TNI pada Jumat

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad. (ANTARA/HO-DPR RI/am)

Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengatakan uji kelayakan dan kepatutan calon Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa akan dilaksanakan pada Jumat (5/11).

"Direncanakan besok (Jumat. 5/11) dilakukan uji kelayakan, kita lihat saja mudah-mudahan berjalan lancar dan tidak ada kendala apa pun," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis.

Dia mengatakan Badan Musyawarah (Bamus) DPR RI telah memutuskan bahwa rangkaian uji kelayakan calon Panglima TNI dimulai Kamis (4/11) yang diawali dengan Rapat Internal Komisi I DPR.

Setelah itu, menurut dia, Komisi I DPR akan melaksanakan uji kelayakan calon Panglima TNI pada Jumat (5/11).

Baca juga: Anggota DPR prediksi uji kelayakan calon Panglima dalami program kerja

Dasco meyakini uji kelayakan dan kepatutan calon Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa hanya berlangsung satu hari karena calon tunggal.

"Kalau berdasarkan pengalaman sebelumnya, uji kelayakan tidak lebih dari satu hari karena calon tunggal. Kalau calonnya lebih dari satu, uji kelayakan bisa lebih dari sehari," ujarnya.

Sebelumnya, Pimpinan DPR RI menerima Surat Presiden (Surpres) terkait usulan calon Panglima TNI atas nama Jenderal Andika Perkasa. Surpres tersebut disampaikan langsung Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno kepada Pimpinan DPR RI di Jakarta, Rabu (3/11).

Dalam kesempatan tersebut, Puan Maharani didampingi para Wakil Ketua DPR RI, yaitu Lodewijk F Paulus dan Rachmat Gobel.

Baca juga: Puan: Uji kelayakan calon Panglima TNI tanggal 4-5 November

Dalam perkembangannya, Bamus DPR RI telah mengadakan rapat pada Rabu sore dengan hasil uji kelayakan dan kepatutan calon Panglima TNI dilaksanakan pada 4-5 November 2021 yang akan dilakukan Komisi I DPR.

"Begitu Surpres diterima hari ini (Rabu), Badan Musyawarah (Bamus) DPR langsung menggelar rapat dan menjadwalkan uji kelayakan calon Panglima TNI besok (Kamis, 4/11) sampai Jumat (5/11)," kata Ketua DPR RI Puan Maharani di Jakarta.

Dia menjelaskan Bamus DPR memutuskan hasil uji kelayakan dan kepatutan calon Panglima TNI akan segera dibawa ke Rapat Paripurna DPR pada 8 November 2021. Karena itu, menurut dia, dalam lima hari ke depan sudah ada keputusan DPR untuk calon Panglima TNI.

Baca juga: Komisi I DPR: Penunjukan Jenderal Andika tidak ganggu soliditas TNI

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Baleg DPR tegaskan tidak ada perubahan materi UU Ciptaker

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar