Indian Wells, California (ANTARA News/Reuters) - Petenis unggulan pertama Caroline Wozniacki harus berjuang keras membalikkan keadaan agar lolos ke babak delapan besar turnamen tenis WTA Indian Wells, sementara juara dua kali turnamen ini Kim Clijsters terpaksa mundur karena cedera.

Pada hari yang diwarnai dengan berbagai kejutan itu, petenis Denmark Wozniacki bangkit dari ketertinggalannya untuk kemudian mengalahkan unggulan ke-22 Alisa Kleybanova 2-6 6-3 6-1, dimana pada set ketiga dia berhasil tiga kali mencuri angka dari servis petenis Rusia itu untuk kemudian menyelesaikan pertandingan hanya dalam waktu kurang dari dua jam.

Namun tidak demikian halnya dengan petenis nomor dua dunia Kim Clijsters yang harus merelakan lawannya petenis Prancis Marion Bartoli untuk terus maju ke putaran selanjutnya karena dia tiba-tiba merasakan nyeri yang amat sangat pada bahunya sewaktu pertandingan masih berada pada skor 6-3 1-3.

Cedera itu menjadi keprihatinan tersendiri bagi Clijsters karena dia akan menjadi tulang punggung Belgia dalam turnamen Piala Fed yang akan datang, sementara musim turnamen di lapangan tanah liat juga semakin mendekat.

Bartoli, unggulan 15, akhirnya melaju ke babak perempat final dimana dia akan bertemu dengan petenis unggulan ke-19 Ana Ivanovic yang sebelumnya berhasil mengalahkan petenis sesama Serbia dan juara turnamen ini Jelena Jankovic dengan skor 6-4 6-2.

Meskipun Clijsters bisa memenangi set pertama di lapangan dengan permukaan keras itu, namun pada set kedua dia terpaksa meminta pelatihnya untuk memberi perawatan pada bagian bahunya sewaktu pertandingan masih berlangsung dalam kedudukan 1-2 dan akhirnya mundur satu game kemudian.

"Bukannya saya benar-benar khawatir dengan cedera ini, tetapi saya harus benar-benar memperhatikan masalah ini, dan saya tidak mau mengambil resiko," kata petenis Belgia berumur 27 tahun ini kepada para wartawan.

"Saya bisa saja memakai obat penghilang rasa sakit dan melanjutkan pertandingan tanpa merasakan apa-apa, tetapi saya tidak mau melakukan hal itu karena saya tidak ingin cedera ini semakin parah tanpa menyadarinya sama sekali," katanya menjelaskan.

Petenis Belgia ini mengatakan bahwa rasa sakit di bahunya terutama sekali diakibatkan oleh servis yang dilakukannya dan ketika mencoba menghajar bola tinggi dengan "forehand"

"Beberapa kali Bartoli berhasil mengecoh saya tetapi saya coba tetap mengejar bola dengan "backhand" dan pada suatu ketika saya tiba-tiba merasa sakit di punggung ini," kata Clijsters menambahkan.

Sementara itu petenis unggulan enam dunia Jankovic, yang mengalahkan Wozniacki di final turnamen ini tahun lalu, hanya berhasil mencuri satu dari tujuh kesempatan breakpoint sewaktu kalah dari Ivanovic untuk pertama kalinya dalam tiga pertemuan terakhir mereka.

"Rasanya saya tidak mampu mengeluarkan kemampuan terbaik saya, apa yang saya lakukan semuanya terasa serba salah dalam pertandingan tadi," kata Jankovic yang dalam pertandingan itu sempat kecolongan sekali di set pertama dan tiga kali di set kedua.

"Mungkin inilah pertandingan terburuk yang pernah saya mainkan sejak pertama kali bermain di turnamen ini," kata petenis Serbia berusia 26 tahun ini yang selalu masuk semi final dalam tiga turnamen sebelumnya yang diikutinya.

Unggulan ke-19 Ivanovic yang mengalahkan Jankovic pada semifinal Indian Wells 2008 sewaktu dia akhirnya menjadi juara turnamen itu, berhasil memperbaiki rekor menang-kalahnya atas rekan senegaranya itu menjadi 7-3 dengan kemenangan itu.

"Saya benar-benar gembira," kata Ivanovic yang pada 2009 juga menjadi runner-up turnamen ini.

"Saya bertanding dengan sangat bagus dalam minggu-minggu terakhir ini, tetapi saya harus tetap mempertahankan performa ini sampai akhir turnamen nanti, yang pasti saya harus terus bermain konsisten pada level yang saya sangat senangi ini," kata Ivanovic.

Pada pertandingan lain, juara Prancis Terbuka Francesca Schiavone

dari Italia, unggulan kelima, dikalahkan oleh petenis Israel unggulan ke-10 4-6 6-3 6-7, sementara unggulan kedelapan Victoria Azarenka dari Belarusia harus bersusah-payah mengalahkan unggulan kesembilan petenis Polandian Agnieszka Radwanska 4-6 6-3 7-6.

Maria Sharapova juga berhasil mengalahkan sesama petenis Rusia Dinara Safina 6-2 6-0 dalam sebuah duel antar sesama mantan petenis nomor satu dunia, dan selanjutnya dia akan menghadapi tantangan dari petenis China Peng Shuai yang sebelumnya menang atas petenis Rusia Nadia Petrova 6-4 5-7 6-3. (OKS/I015/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011