Medan (ANTARA) - Cabang olahraga para judo National Paralympic Comittee (NPC) Sumatera Utara optimistis mampu mengulangi kesuksesan prestasi mereka di Peparnas Papua XVI, yang berlangsung 2-15 November 2021.

Pelatih Para Judo NPC Sumut Darwin mengatakan untuk Peparnas Papua, timnya sudah mempersiapkan segalanya dengan baik. Selama di daerah, tim pelatih juga telah menguatkan fisik, stamina dan mental bertanding atlet.

Di Peparnas Jawa Barat 2016, para judoka Sumut mampu menggondol tiga medali emas dan dua medali perunggu, dan hasil ini melebihi target dari tim pelatih.

"Makanya, memang untuk tahun ini tim judo menargetkan tiga hingga empat medali emas. Target ini semuanya bukan tanpa alasan, melainkan karena memang melihat kemampuan para atlet yang terus mengalami progres yang baik sejauh ini," kata Darwin di Jayapura, Kamis.

Baca juga: Lagu "Anak Medan" sambut kedatangan kontingen Peparnas Sumut di Papua 
Baca juga: Rombongan atlet Peparnas Sumut tiba di Papua 


Ia mengatakan saat ini skuad judo NPC Sumut merupakan penggabungan antara atlet baru dan lama. Untuk atlet lama, terdiri atas Herman Halawa dan Junifor, sementara untuk atlet baru, ada Slamat Juanda dan Maria Alam.

"Tentu saya berharap, baik Herman maupun Junifor, bisa berbagi pengalaman kepada atlet baru," ujar Darwin.

Lebih lanjut, menurut dia, saat ini perkembangan cabang olahraga para judo NPC di Indonesia begitu pesat. Hal ini lantas membuat seluruh provinsi di Indonesia mulai merata kekuatannya.

“Makanya kami tidak terlalu pikirkan itu, sehingga akhirnya menjadi beban. Bagi saya dan atlet saat ini bagaimana bisa fokus pada pertandingan dan meraih hasil maksimal," pungkas Darwin.

Cabang olahraga para judo Sumut pada Peparnas tahun ini diperkuat enam atlet, yakni Marialam Sihotang (43 kg putri), Marten Tri Putra Purba (66 kg putra), Selamat Juanda (90 kg putra), Herman Halawa (55kg putra), serta dua atlet elite Junifor Bate E dan Sahrul Sulaiman. 

Baca juga: NPC Sumut kirim 66 atlet ke Peparnas Papua 
Baca juga: NPC Sumut optimistis raih 40 emas di Peparnas Papua 

 

Pewarta: Juraidi
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021