Jakarta (ANTARA) - Dokter Alexandra Clarin Hayes dari Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro menyarankan Anda terutama kaum hawa tak kendor melakukan perawatan kulit walau selama ini hanya bekerja dari rumah atau work from home (WFH) agar kulit tak kusam.

"Kuncinya ada di skincare. Tetap lakukan skincare rutin walaupun kita hanya di rumah. Jangan hanya karena WFH terus jadi kendor skincare-an," ujar dia seperti dikutip dari tayangan Program Dear Doctor diproduksi di Media Center KPCPEN (Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional), Kamis.

Baca juga: Penderita autoimun kulit boleh pakai produk "skincare"?

Dia mengatakan, penyebab kulit kusam salah satunya karena penumpukan sel kulit mati. Untuk itu, Anda bisa melakukan eksfoliasi di rumah atau pengangkatan sel kulit mati. Ada dua cara yakni eksfoliasi fisik contohnya memakai scrub atau dengan produk eksfoliator.

"Yang harus diperhatikan, kita harus hati-hati jangan terlalu sering karena bisa-bisa skin barrier jadi rusak. Jadi seperlunya saja," tutur Clarin.

Ingatlah, komedo yang tersumbat bisa menyebabkan jerawat. Anda bisa mengatasi masalah ini dengan memakai masker untuk komedo dan pori-pori. Clarin tak menyarankan Anda mencabut atau ekstraksi komedo sendiri di rumah.

Lalu, walaupun bekerja secara daring dari rumah, sebagian Anda tetap mengenakan riasan atau makeup misalnya karena harus bekerja sembari menyalakan kamera melalui aplikasi Zoom. Sebaiknya, jangan abai membersihkan kulit dengan sabun muka, tripel cleansing, micellar water dan sebagainya.

Selain itu, meskipun bekerja di dalam ruangan, paparan sinar matahari terus masuk melalui jendela, pantulan kaca, lantai dan sebagainya sehingga tetaplah mengenakan tabir surya dan pelembap agar kulit wajah tidak kering.

Bagi mereka yang khawatir kulitnya menjadi bermasalah akibat pemakaian masker, Clarin menyarankan penggunaan pelembap sesuai jenis kulit untuk meminimalisir gesekan antara kulit dan masker yang akhirnya bisa merusak barrier kulit.

"Sebaiknya hindari pelembap berbahan dasar air karena malah akan membuat kulit semakin kering, bahan dasar air ini semakin cepat menguap," kata dia.

Menurut dia, pemilik kulit kering sebaiknya memilih pelembap dengan kandungan ceramide atau asam HA. Sementara untuk pemilik kulit cenderung berminyak pilihlah pelembap dengan kandungan non-comedogenic.

"Pastinya dari dalam minum air putih 8 gelas per hari untuk tetap terhidrasi," demikian saran Clarin.

Baca juga: Peluang jenama kecantikan lokal ketika masyarakat di rumah saja

Baca juga: Langkah riasan "fresh" untuk tunjang kegiatan virtual di rumah

Baca juga: Jangan lupakan skincare meski beraktivitas di rumah saja

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021